• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 22 Agustus 2014
Tribunnews.com

Karir Kolonel TNI AL Pemakai Narkoba Tamat

Selasa, 30 April 2013 18:51 WIB
Karir Kolonel TNI AL Pemakai Narkoba Tamat
net
ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kolonel Antar Setia Budi yang dibekuk Badan Narkotika Nasional (BNN) karena mengkonsumsi sabu di kamar Hotel Ciputra Semarang, Senin (29/4/2013) lalu, akhirnya secara resmi dicopot dari jabatannya sebagai Komandan pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) V Semarang, Selasa.

Bukan itu saja, karir militer Antar Setia Budi dipastikan tamat. Segala bentuk kegiatan seperti pendidikan, jenjang karir dan hal lain yang menunjang karir militernya sudah tertutup.
Sebab, jika putusan pengadilan atas kasus Antar terkait penyalahgunaan narkoba ini sudah diputus, maka secara otomatis Antar diberhentikan sebagai prajurit TNI.

Kepala Dinas Penerangan TNI AL, Laksamana Pertama Untung Suropati saat dihubungi Warta Kota, Selasa (30/4/2013), menuturkan Kolonel Antar Setia Budi sudah resmi dicopot dari jabatannya sebagai Danlanal V Semarang.

Pencopotan itu, kata Untung, dilakukan langsung oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Marsetio, Selasa pagi.

"Ini sebagai sanksi dari TNI AL atas apa yang dilakukan oleh yang bersangkutan," kata Untung.

Menurut Untung, kedepan Antar juga tak bisa lagi mengikuti segala bentuk kegiatan yang sifatnya menunjang karir militernya baik pendidikan, jenjang karir dan lainnya. "Semuanya sudah mentok, buat yang bersangkutan," kata Untung.

Untung menjelaskan jika pengadilan militer sudah memutus kasus Antar, maka otomatis Antar diberhentikan sebagai prajurit TNI.

"Apakah nanti diberhentukan secara tidak hormat atau bagaimana, semuanya menunggu fakta sidang dan ketuk palu dulu," kata Untung.

Menurut Untung, TNI AL telah mulai melakukan penyidikan terhadap Antar sejak Senin malam. Saat ini Kolonel Antar berada di tahanan Puspomal, Kelapa Gading, Jakarta Utara.
Untung mengatakan Antar akan diproses di peradilan militer. "Tapi dasarnya tetap Undang-Undang Narkotika No 23/2009," kata Untung.

Menurut Untung kasus penyalahgunaan narkoba pada Antar Setia Budi, bagi TNI AL adalah kejadian yang spektakuler. Mengingat hal itu dilakukan perwira senior yang diketahui sebagai pemikir dan konseptor.

Kedepan, kata Untung, pihaknya akan melakukan tes urine berkala kepada semua prajurit, untuk mencegah, terulangnya kejadian serupa.

"Ini adalah upaya preventif kami," kata Untung.

Editor: Johnson Simanjuntak
Sumber: Warta Kota
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
1 KOMENTAR
1729901 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
  • Maman-Selasa, 30 April 2013 Laporkan
    Perwira aktif lain yg msh make tobatlah, mumpung msh
    sempat. Susah ya keluarnya? Pake otaklah masak
    kalah sih sama bd narko? Kalian tuh cuma dijadikan
    sapi perah kok, yg diperah klo diperlukan. Buat yg
    belum kena, jangan coba2 deh bersekutu dg iblis.
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas