• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 1 November 2014
Tribunnews.com

Busyro: Ada Bukti Permulaan Keterlibatan Ayu Azhari

Kamis, 2 Mei 2013 18:27 WIB
Busyro: Ada Bukti Permulaan Keterlibatan Ayu Azhari
TRIBUNNEWS/DANY PERMANA
Artis Ayu Azhari usai diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Rabu (1/5/2013). Ayu diperiksa sebagai saksi bagi tersangka Ahmad Fathanah terkait kasus dugaan suap impor daging sapi di Kementerian Pertanian. TRIBUNNEWS/DANY PERMANA 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan memiliki bukti permulaan valid adanya indikasi keterlibatan artis Ayu Azhari dalam kasus dugaan korupsi suap impor daging dan tindak pidana pencucian tersangka Ahmad Fhatanah. Karena itu lembaga superbodi itu memanggil Ayu, dalam kapasitas saksi, kemarin.

Wakil Ketua KPK, Busyro Muqoddas mengungkapkan pemanggilan Ayu tidak lepas dari keterangan sejumlah saksi yang sebelumnya sudah menjalani pemeriksaan kasus ini. Karena itu agar fair, terang Busyro, pihaknya juga harus memvalidasinya ke Ayu Azhari.

"Jadi bukti permulaan yang diperoleh penyidik KPK, memang harus diklaraifikasi agar fair. Itu menjadi protap (prosedur tetap) KPK untuk penyidikan berbasis taat asas kebenaran materiil sebagai doktrin fundamental," kata Busyro saat dihubungi, Kamis (2/5/2013).

Saat ditelisik jauh, Busyro masih merahasiakan kaitan Ayu dalam kasus Ahmad Fhatonah. Apakah Ayu sebagai pengusaha restoran pernah menjalin komitmen dengan Ahmad Fhatanah, atau Ayu memang mendapat aliran dana dari Fhatanah.

Kendati demikian, dia menaruh harapan besar agar Ayu kooperatif dan terbuka kepada penyidik.

"Apapun juga bentuknya, tidak semua saksi bisa menjadi tersangka. Maka kewajiban saksi berlaku jujur dan terbuka saja," ujarnya.

Penulis: Edwin Firdaus
Editor: Johnson Simanjuntak
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas