Jumat, 19 Desember 2014
Tribunnews.com

KPK: Ayu Azhari Terima Rp 38 Juta dari Ahmad Fatanah

Jumat, 3 Mei 2013 20:18 WIB

KPK: Ayu Azhari Terima Rp 38 Juta dari Ahmad Fatanah
TRIBUNNEWS/DANY PERMANA
Artis Ayu Azhari usai diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Rabu (1/5/2013). Ayu diperiksa sebagai saksi bagi tersangka Ahmad Fathanah terkait kasus dugaan suap impor daging sapi di Kementerian Pertanian. TRIBUNNEWS/DANY PERMANA 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ayu Azhari ternyata tidak menunjukkan dokumen berupa dua rekening koran miliknya kepada penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Tetapi, mantan aktor film panas itu  menyerahkan sejumlah uang yang pernah diserahkan tersangka kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) terkait kasus suap impor Sapi,  Ahmad Fatanah.

Uang yang diserahkan Ayu saat menyambangi kantor KPK, hari ini, Jumat (3/5/2013) yakni Rp 20 juta dan 1800 dollar Amerika. Uang itu diberikan kepada Ayu terkait pekerjaan untuk mengisi acara yang pernah diminta oleh Fatanah.

"Menurut penjelasan penyidik, Ayu Azhari bukan untuk pemeriksaan tapi yang bersangkutan mengembalikan uang Rp 20 juta + 1.800 dollar Amerika. Uang itu pemberian Ahmad Fathanah. Wakti itu untuk istilahnya dia mau manggung di suatu tempat," kata Juru Bicara KPK, Johan Budi di kantornya, Jakarta, Jumat (3/5/2013) malam.

Menurut Johan uang tersebut merupakan panjer atau 'DP' yang diberikan orang dekat mantan Presiden PKS, Luthfi Hasan itu.

Johan sendiri mengaku belum menerima informasi berapa jumlah keseluruhan uang yang akan diberikan untuk istri mantan vokalis grup White Lion itu. Namun, yang jelas uang yang diserahkan Ayu berbentuk uang tunai.

Menurut informasi yang dihimpun, rencananya fee untuk Ayu mengisi acara yakni Rp 30 juta dan 1800 dollar. Nah, uang Rp 20 juta dan 1800 dollar yang dikembalikan Ayu itu sebagai uang panjer.

"Mengembalikannya dalam bentuk tunai," kata Johan.

Menurut pengakuan Fathanah, terang Johan, Ayu diminta untuk mengisi acara kegiatan yang akan diselenggarakan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

"Uang itu sebagai panjer kalau dia nanti manggung. Ada acara yang menurut pengakuan Ahmad ke Ayu itu terkait PKS," kata Johan.

Penulis: Edwin Firdaus
Editor: Johnson Simanjuntak

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas