Rabu, 29 Juli 2015
Tribunnews.com

9 Jenderal Calon Kapolri akan Temui Kompolnas

Sabtu, 4 Mei 2013 09:43 WIB

9 Jenderal Calon Kapolri akan Temui Kompolnas
net

Laporan Warta Kota, Budi Sam Law Malau


Tribunnews.com, Jakarta -  Sembilan jenderal yang disebut-sebut akan menjadi  pengganti Kapolri Jenderal Timur Pradopo akan bertemu dengan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), Senin (6/5/2013) pekan depan.

Pertemuan, lebih bersifat tatap muka dan bukan ajang uji kepatutan dan kelayakan.
Komisioner Kompolnas Edi Saputra Hasibuan mengatakan diharapkan semua calon yang dipanggil untuk tatap muka dengan Kompolnas Senin (6/5/2013), akan hadir.

"Ini untuk diskusi antara calon dengan Kompolnas dalam pengembangan polri ke depan," kata Edi, Sabtu (4/5/2013).

Menurut Edi para perwira tinggi itu tidak dipilih secara acak. Mereka dipilih melalui proses rekam jejak karir yang meliputi prestasi, kepemimpinan, profil serta sekurangnya memiliki masa kerja selama dua tahun ke depan sebelum pensiun.

Selain itu, setidaknya para calon Kapolri ini harus pernah menjabat sebagai Kepala Kepolisian Daerah tipe A (bintang 2) dan paling senior. Bagi jenderal yang belum merasakan jabatan di level provinsi, otomatis gugur dalam bursa seleksi.

Edi menjelaskan para calon ini dipilih sesuai Pasal 11 UU Nomor 2 tahun 2002 tentang Kepolisian RI yang menyebutkan bahwa calon Kapolri adalah perwira tinggi yang masih aktif dengan memperhatikan jenjang kepangkatan dan karir.

Saat didesak siapa saja 9 calon Kapolri yang bakal dipanggil itu, Edi enggan menyebutkannya.

Halaman12
Editor: Gusti Sawabi
Sumber: Warta Kota
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas