• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 24 Juli 2014
Tribunnews.com

Pekan Keselamatan Jalan 2013 Dipusatkan di Pontianak

Senin, 6 Mei 2013 11:16 WIB
Pekan Keselamatan Jalan 2013 Dipusatkan di Pontianak
WARTA KOTA/Adhy Kelana
jalan raya

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Pekan Keselamatan Jalan tahun 2013 dilaksanakan secara serentak di seluruh dunia mulai tanggal 6-12 Mei 2013 dan diperingati sebagai  Pekan Keselamatan Jalan (Global Road Safety Week).

Kegiatan ini merupakan bagian dari Dekade Aksi Keselamatan Jalan 2011-2020, dimana salah satu peran Kementerian Kesehatan bertanggung jawab meningkatkan promosi kesehatan.

Fokus utama global adalah pengguna jalan yang rentan, khususnya pejalan kaki, pengendara sepeda dan pengendara sepeda motor. Fokus tema internasional tahun 2013 adalah “Keselamatan Pejalan Kaki” (Pedestrian Safety).

"Kegiatan Lapangan Pekan Keselamatan Jalan Tahun 2013 akan dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dan diselenggarakan di Pontianak dengan puncak acara pada 8 Mei 2013," tutur Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL)Kementerian Kesehatan RI, Prof dr Tjandra Yoga AditamaSpP(K), MARS, DTM&H, DTCE kepada wartawan, Senin (6/5/2013).

Dalam kegiatan ini akan melibatkan anak sekolah, karena mereka merupakan kelompok yang berisiko dan dengan harapan mereka akan menjadi agen pembaharu dalam pencegahan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

"Di daerah lain dapat juga dilakukan berbagai kegiatan, seperti kampanye dan promosi kesehatan, keamanan dan keselamatan di jalan ditujukan kepada anak sekolah, peningkatan kapasitas untuk Pertolongan Pertama pada Kecelakaan terutama bagi masyarakat umum," kata Tjandra.

Juga dilaksanakan deteksi dini faktor risiko kecelakaan antara lain tekanan darah, alkohol, Amphetamin, tes Buta Warna dan riwayat penyakit yang berpotensi membahayakan saat berkendara seperti epilepsi, penyakit jantung bawaan, gangguan penglihatan, kelemahan anggota gerak, dan sebagainya).

Di samping itu, juga ada peragaan Peraturan Lalu lintas/senam, berkendara yang aman (safety riding) dan penggunaan Helm SNI,  penyebarluasan media cetak (brosur, poster, leaflet) terkait keselamatan jalan.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Willy Widianto
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1750982 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas