Minggu, 23 November 2014
Tribunnews.com

Densus Gerebek Terduga Teroris di Batang, Satu Orang Tewas

Rabu, 8 Mei 2013 16:57 WIB

Densus Gerebek Terduga Teroris di Batang, Satu Orang Tewas
Courtesy Twitter VivieLiee
Densus 88 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Adi Suhendi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Terungkapnya jaringan teroris di Bandung Jawa Barat, Rabu (8/5/2013) diawali dengan penangkapan dua orang terduga teroris di Kabupaten Batang, Jawa Tengah pada hari yang sama.

Ketua Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Irjen Pol (Purn) Ansyad Mbai menjelaskan bahwa tim Densus 88 Antiteror Polri bersama BNPT menggerebek tempat persembunyian teroris tersebut pagi tadi sekitar pukul 05.15 WIB.

"Kita melakukan penangkapan teroris di Kabupaten Batang sebanyak dua orang. Mereka bersenjata," ucap Ansyad kepada wartawan, Rabu (8/5/2013).

Aksi baku tembak pun terjadi dalam penyergapan tersebut.

"Satu orang (terduga teroris) meninggal dunia atas nama Abu Roban," katanya.

Kelompok teroris di Kabupaten Batang tersebut pernah melakukan beberapa kali aksi terorisme untuk kepentingan fai atau mencari dana untuk kebutuhan teror.

Mereka sempat melakukan perampokan Bank di Pringsewu, Lampung di tahun 2013. Selain itu mereka pun juga melakukan perampokan di Bank BRI Batang dengan menggasak uang ratusan juta rupiah.

"Rp 1 miliar kurang lebih mereka dapatkan dari hasil merampok, meraka mengumpulkan dana untuk aksi pelatihan teror di Poso," ungkapnya.

Penulis: Adi Suhendi
Editor: Willy Widianto

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas