Jumat, 28 November 2014
Tribunnews.com

Teroris di Kabupaten Batang Pernah Rampok Dua Bank BRI

Rabu, 8 Mei 2013 17:34 WIB

Teroris di Kabupaten Batang Pernah Rampok Dua Bank BRI
Courtesy Twitter VivieLiee
Terduga Teroris Sandera Anak-anak Courtesy Twitter VivieLiee Baku tembak yang melibatkan pasukan Detasemen Khusus atau Densus 88 Antiteror Mabes Polri dan terduga teroris masih terjadi di Cigondewah, tepatnya, di Kampung But Rengat, Desa Mekarahayu, Kecamatan Margaasih, Bandung, Jawa Barat, Rabu (8/5/2013) siang. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Teroris yang berhasil disergap di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Rabu (8/5/2013) pagi ternyata terlibat sejumlah aksi perampokan di berbagai daerah guna mendanai aksi teror di Poso, Sulawesi Tengah.

Demikian diungkapkan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Irjen Pol (Purn) Ansyad Mbai kepada wartawan. "Rp 1 miliar kuaran lebih mereka dapat. Mereka mengumpulkan dana untuk aksi teror di Poso," kata Ansyad.

Ansyad menjelaskan bahwa pelaku teroris tersebut sempat beraksi di Pringsewu, Lampung. Mereka menggasak uang Rp 466 juta dari BRI Unit Tambahrejo, Senin (24/4/2013).

Kemudian mereka pun juga terlibat dalam perampokan di Kantor Bank BRI Cabang Reban, Batang, Jawa Tengah. Jumat (18/1/2013). Dari perampokan tersebut mereka berhasil menggasak uang ratusan juta rupiah.

Selain itu, kelompok ini pun juga berkait dengan perampokan toko emas di Tambora Jakarta Barat, dan perampokan toko emas di Bekasi.

"Ini masih terkait dengan perampokan toko emas di Tambora, ini jaringan Tambora," ucapnya.

Melihat hal tersebut maka dapat dilihat keterkaitan antara kelompok teroris yang ditangkap di Kabupaten Batang dengan Kabupaten Bekasi berdasarkan pengungkapan kelompok teroris yang beraksi di Tambora. Kelompok teroris tambora masih terhubung dengak kelompok teroris Abu Omar.

Penulis: Adi Suhendi
Editor: Johnson Simanjuntak

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas