• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 24 April 2014
Tribunnews.com

LPI: Rizal Ramli Mendekati Presiden Ideal

Kamis, 9 Mei 2013 13:04 WIB
LPI: Rizal Ramli Mendekati Presiden Ideal
Warta Kota/Henry Lopulalan
Mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli selesai di priksa di Komisi Pemberantasan Korupsi, Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (12/4/2013). Rizal diperiksa terkait penelusuran kasus dugaan korupsi dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia(BLBI). (Warta Kota/Henry Lopulalan)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) merilis sejumlah nama yang mendekati presiden ideal dalam Pemilu 2014 nanti ditempati peringkat pertama Rizal Ramli, disusul Sutiyoso dan kemudian Mahfud MD.

Direktur LPI, Boni Hargens menerangkan, kriteria penilaian terhadap sejumlah nama yang disebut-sebut mendekati presiden ideal berdasar ideologi, latarbelakang sosio-ekonomi, rekam jejak dan kepribadi.

"Berdasarkan hitungan sederhana dengan pola Freedom House, grafik perhitungan ideal calon-calon ini adalah Rizal Ramli (1.0), Sutiyoso (1.0), dan Mahfud MD (1.0)," ujar Boni di Galeri Cafe, Jakarta, Kamis (9/5/2013).

Nama kemudian menyusul Megawati (0.94), Prabowo Subianto (0.88), Irman Gusman (0.88), dan Marzuki Alie (0.88). Sedikit menjauh dari sosol ideal presiden ada Wiranto (0.75), dan Gita Wirjawan (0.75).

"Sementara yang paling jauh dari sosok presiden ideal adalah Aburizal Bakrie (0.31) dan Sri Mulyani (0.44)," ungkap Boni.

Menurutnya, Rizal unggul karena berprestasi selama menjadi menteri (2000-2001) dan telah membuat banyak perubahan. Rizal juga bebas korupsi, dan tidak melakukan kejahatan kemanusiaan atau pidana lain.

Dari segi kepribadian, bekas Menteri Perekonomian era Presiden Megawati Soekarnoputri ini memenuhi kecerdasan, ketegasan dan populasi.

Penulis: Yogi Gustaman
Editor: Willy Widianto
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1765652 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas