• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 25 April 2014
Tribunnews.com

Empat Teroris Kelompok Abu Roban Ditangkap di Lampung

Jumat, 10 Mei 2013 12:15 WIB
Empat Teroris Kelompok Abu Roban Ditangkap di Lampung
TRIBUN JATENG/Hermawan Handaka
Jenazah Abu Roban (RS), terduga teroris yang meninggal dalam baku tempak dengan densus 88, pada Rabu (8/5/2013) lalu, di Desa Limpung, Babupaten Batang diangkut dari RS Bhayangkara Semarang. Kamis (9/5/2013) Jenazah Abu Roban dibawa menuju RS Kramat Jati Jakarta menggunakan mobil Disarter Victim Identivication (DVI). (TRIBUN JATENG/Hermawan Handaka) 

Laporan wartawan tribunnews.com : Adi Suhendi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA-- Tim Densus 88 Antiteror Polri masih bergerak menelusuri orang-orang yang terkait dengan kelompok teroris spesialis pengumpul dana. Dikabarkan tim berlambang burung hantu tersebut kembali menangkap empat terduga teroris di Lampung, Jumat (10/5/2013).

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Boy Rafli Amar tidak menampik kabar penangkapan tersebut, namun detailnya jendral polisi bintang satu tersebut belum mengetahui secara persis.

"Iya, saat ini sedang dikembangkan, tapi jumlahnya belum dipastikan," kata Boy di Mabes Polri, Jakarta Selatan.

Terang mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini tim Densus 88 Antiteror Polri masih bergerak di lapangan untuk menelusuri sejumlah aksi perampokan Bank yang dilakukan kelompok Abu Roban ini, termasuk perampokan Bank BRI di Lampung.

"Diduga mereka merupakan orang-orang memberikan perbantuan dan bersama mereka, pelaku ikut dalam perampokan di Lampung itu, tetapi perannya apa, itu yang masih berjalan, terutama mereka-mereka yang terlibat perampokan di Lampung," katanya.

Kelompok teroris Abu Roban alias Untung alias Bambang Nangka ternyata sudah merampok tiga kali Bank BRI di berbagai daerah untuk pendanaan teror di Indonesia. Hasil rampokan tersebut dikirimkan ke kelompok teror di Poso yang dipimpin Santoso.

"Itu semua dilakukan melalui tindakan kriminal. Dari data yang sudah kita dapat banyak terjadi perampokan-perampokan Bank," kata Boy.

Ada tiga bank yang berhasil dibobol kelompok Abu Roban ini. Sudah hampir Rp 1,8 Miliar uang yang berhasil dikumpulkan kelompok ini.

"Bank BRI Batang dengan kerugian Rp790 juta, BRI Grobokan kerugian hingga Rp630 juta dan terakhir di BRI Lampung, yakni Rp460 juta," tegas Boy.

Selain itu, kelompok teroris yang ada di Kebumen pun berencana melakukan fa'i. Beruntung Densus 88 Antiteror bergerak lebih cepat dengan terlebih dahulu membekuk mereka.

"Benar mereka sedang mempersiapkan untuk Fa'I. Namun, beruntung kita berhasil dilumpuhkan," ujarnya.

Penulis: Adi Suhendi
Editor: Gusti Sawabi
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1768821 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas