Sejarah Abu Roban Dirikan Mujahidin Indonesia Barat

Rabu, 15 Mei 2013 22:43 WIB

Sejarah Abu Roban Dirikan Mujahidin Indonesia Barat
TRIBUN JATENG/Hermawan Handaka
Jenazah Abu Roban (RS), terduga teroris yang meninggal dalam baku tempak dengan densus 88, pada Rabu (8/5/2013) lalu, di Desa Limpung, Babupaten Batang diangkut dari RS Bhayangkara Semarang. Kamis (9/5/2013) Jenazah Abu Roban dibawa menuju RS Kramat Jati Jakarta menggunakan mobil Disarter Victim Identivication (DVI). (TRIBUN JATENG/Hermawan Handaka) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Adi Suhendi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tim Densus 88 Antiteror Polri memberikan pemaparan dalam acara diskusi di Gedung Graha CIMB Niaga, Jakarta, Rabu (15/5/2013). Tim Densus 88 menjelaskan siapa sebenarnya kelompok teroris Abu Roban.

Dalam pemaparan yang dihadiri Wakapolri Komjen Pol Nanan Soekarna tim Densus 88 yang terdiri dari tiga orang menjelaskan asal-usul terbentuknya Mujahidin Indonesia Barat (MIB).

"Abu Roban memiliki keinginan kuat mempersatukan kelompok mujahidin yang ada di seluruh Indonesia dlm perjuangan menegakan daulah islamiyah di Indonesia dan menjadikan indonesia negara islam, atas cita-cita tersebut Abu Roban membentuk MIB," kata seorang anggota Densus yang enggan disebut namanya dalam diskusi tersebut.

Kemudian Abu Roban pun mendeklarasikan dibentuknya Mujahidin Indonesia Barat pada akhir tahun 2012.

"Deklarasi dilakukan di Gunung Kamojang Bandung oleh 10 orang sekaligus disepakati ketuanya Abu Roban," ujarnya.

Kelompok Abu Roban menciptakan organisasi tertutup atau bawah tanah (tandzim sirri) sehingga antar anggotanya tidak saling mengenal.

Halaman
123
Penulis: Adi Suhendi
Editor: Willy Widianto
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help