Franz Magnis Protes Penghargaan untuk SBY

Kamis, 16 Mei 2013 15:58 WIB

Franz Magnis Protes Penghargaan untuk SBY
/TRIBUN MEDAN/TAUFAN WIJAYA
Franz Magnis Suseno dalam diskusi panel Politik Identitas dalam pameran dan rangkaian seminar bertajuk Ini Medan Demokrasi Bung di Gelanggang Remaja Universitas Sumatera Utara, Medan, Rabu (25/5). Acara ini berlangsung 24-27 Mei 2011.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan mengadakan kunjungan kenegaraan ke Amerika Serikat (AS) akhir Mei 2013 mendatang.

Dalam kunjungannya itu, sebuah organisasi yang mempromosikan perdamaian, demokrasi, toleransi, dan dialog antar kepercayaan yang berbasis di New York, Amerika Serikat, Appeal of Conscience Foundation (ACF), akan memberikan penghargaan negarawan dunia 2013 atau ‘World Statesman Award’ kepada Presiden SBY.

Nah, terkait penghargaan itu Profesor Filsafat Franz Magnis Suseno mengirimkan surat protes atas penghargaan itu berupa surat terbuka.

Berikut terjemahan bebas surat protes Romo Franz Magnis-Suseno SJ yang ditujukan kepada ACF.

Surat Terbuka Romo Franz Magnis Suseno SJ untuk ACF :

Tuan-tuan dan Puan-puan dari Banding dari
Appeal of Conscience Foundation (ACF),
Saya seorang pastor Katolik dan profesor Filsafat dari Jakarta. Kami di Indonesia mendengar bahwa Anda akan memberikan Penghargaan Negarawan Dunia tahun ini kepada Presiden kami, Susilo Bambang Yudhoyono karena jasanya dalam merawat toleransi beragama.

Rencana itu sangat memalukan, dan mempermalukan Anda sendiri. Itu dapat mendiskreditkan klaim apapun akan Anda buat sebagai sebuah institusi berlandaskan moralitas.

Halaman
12
Penulis: Hasanudin Aco
Editor: Willy Widianto
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help