• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 23 Oktober 2014
Tribunnews.com

Aturan Wajib Militer Masuk RUU Komponen Cadangan

Rabu, 22 Mei 2013 19:18 WIB
Aturan Wajib Militer Masuk RUU Komponen Cadangan
(TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO)/(TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO)
ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Aturan wajib militer kembali dihidupkan di Indonesia. Hal itu tertuang dalam RUU Komponen Cadangan (Komcad) yang sedang dibahas di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Wakil Ketua Komisi I DPR TB Hasanuddin membenarkan adanya aturan wajib militer. "Betul (ada wajib militer di RUU Komcad)," kata Hasanuddin di Gedung DPR,  Jakarta, Rabu (22/5/2013).

Diketahui, dalam draf RUU Komcad, Pasal 6 ayat 3 disebutkan bahwa Kompenen Cadangan disusun dalam bentuk satuan tempur yang disesuikan dengan struktur organisasi angkatan sesuai masing-masing matra.

Berikutnya dalam Pasal 8 ayat 3 tentang pengangkatan anggota Komponen Cadangan disebutkan bahwa pegawai negeri sipil, pekerja dan atau buruh yang telah memenuhi persyaratan, wajib menjadi anggota komponen cadangan.

Mengenai draft tersebut, Politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan ini enggan  menjelaskan secara rinci terkait pasal wajib militer tersebut. Hasanuddin beralasan Komisi I akan fokus dalam penuntasan RUU Kamnas sebelum membahas RUU lainya.

"RUU Kamnas akan menjadi payung bagi UU pertahanan dan kemanan negara yang lain," ujarnya.

Penulis: Ferdinand Waskita
Editor: Johnson Simanjuntak
2 KOMENTAR
1817552 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
  • Mutaki Farazdaq-Selasa, 28 Mei 2013 Laporkan
    Masuk Komponen cadangan pasti akan menambah kekuatan pertahanan negara..dan meningkatkan disiplin kepemimpinan militer dalam pekerjaan sehari-hari..
  • Raffi Anwar-Jumat, 24 Mei 2013 Laporkan
    Dengan wilayah NKRI yang sangat luas sudah waktunya kita punya komponen cadangan, sehingga bila suatu saat ada serangan, TNI dan seluruh komponen bangsa Indonesia sudah siap menghadapinya..
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas