• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 19 September 2014
Tribunnews.com

Hasil UN Tunjukkan Mutu Pendidikan Tidak Meningkat

Jumat, 24 Mei 2013 11:46 WIB
Hasil UN Tunjukkan Mutu Pendidikan Tidak Meningkat
POS BELITUNG/Edhie Junichiro
Sejumlah siswa duduk santai dipelataran sekolah usai melaksanakan Ujian Nasional (UN) mata pelajaran Bahasa Inggris di SMKN 2 Tanjungpandan Kabupaten Belitung Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Selasa (16/4/2013). Siswa-siswa ini mengaku dapat menyelesaikan semua soal-soal dengan baik dan berharap apa yang telah dijawab berhasil dengan kelulusan.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ferdinand Waskita

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Hasil Ujian Nasional (UN) tingkat SMU hari ini diumumkan. Anggota Komisi XDPR RI,  Zulfadli menilai tidak ada peningkatan mutu pendidikan di Indonesia.

"Jika dilihat hasil UN SMA/MA presentase kelulusan hampir sama. Lebih kecil dari tahun lalu," kata Zulfadli ketika dikonfirmasi, Jumat (24/5/2013).

Apalagi  hasil rata-rata murni UN SMU hanya mencapai 6,35 jauh lebih rendah dari tahun lalu 7,57. "Berarti terjadi penurunan kualitas pendidikan," tuturnya.

Politisi Golkar itu juga prihatin dengan 24 sekolah yang muridnya tidak lulus 100 persen. Zul pun meminta Kemendikbud melakukan evaluasi hasil UN secara komprehensif. "Kemendikbud melakukan intervensi kebijakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan menengah," imbuh Zulfadli.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Dinas Pendidikan Pemprov DKI Jakarta, Taufik Yudi Mulyanto mengatakan bahwa dari hasil Ujian Nasional (UN) 2013, jumlah total 125 ribu pelajar SMA dan SMK yang ikut UN, sebanyak 76 pelajar dinyatakan tidak lulus UN 2013.

"Ada yg tidak lulus. Hanya 0,143 % atau 73 anak SMA tidak lulus dari 61 ribu. Sementara SMK hanya 0,005% atau 3 anak SMK yang tidak lulus, dari 64 ribu peserta ujian," kata Taufik Yudi melalui pesan singkatnya, Jakarta, Jumat (24/5/2013).

Sementara itu, menurut Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, siswa yang tidak lulus UN masih taraf yang wajar. Sebab, kata dia, persentase kelulusan pun naik sebesar 0,1 persen dari tahun lalu. Pada tahun 2012 persentase kelulusan.

"Ada yang tidak lulus tidak bisa dihindari atau semua lulus juga bingung juga kan. Kalau lulus 99 persen lebih juga sudah bagus menurut saya. Tahun sekarang malah lebih bagus dari tahun kemarin," kata pria yang akrab disapa Ahok.

Penulis: Ferdinand Waskita
Editor: Hendra Gunawan
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1824332 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas