• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 1 Agustus 2014
Tribunnews.com

Deddy Kusdinar Tersangka Hambalang Pertama yang Bakal Ditahan KPK

Minggu, 26 Mei 2013 00:54 WIB
Deddy Kusdinar Tersangka Hambalang Pertama yang Bakal Ditahan KPK
Warta Kota/Henry Lopulalan
Dedi Kusdinar, mantan Kepala Biro Keuangan Kementerian Pemuda dan Olahraga yang menjadi Pejabat Pembuat Komitmen dalam proyek Hambalang, didampingi pengacaranya Rudy Alfonso keluar Gedung KPK seusai diperiksa sebagai saksi untuk tersangka mantan Menpora Andi Mallarangeng di Kantor KPK, Jalan Rasuna Said Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (.26/12/2012). Warta Kota/Henry Lopulalan

TRIBUNNEWS.COM, SUKABUMI - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah menyelesaikan berkas penyidikan tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan sarana dan prasarana olahraga di Hambalang, Bogor.

Mantan Kabiro Perencanaan Keuangan dan Rumah Tangga Kemenpora, Dedi Kusdinar disebut-sebut menjadi tersangka yang akan dijebloskan ke rumah tahanan negara terlebih dahulu.

"(Yang ditahan) yang duluan ditetapkan sebagai tersangka," kata Ketua KPK, Abraham Samad di Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (25/5/2013).

Kendati demikian, Abraham menuturkan pihaknya akan menahan tersangka Hambalang bila sudah memperoleh hasil penghitungan akhir kerugian negara proyek yang bernilai Rp 2,5 triliun tersebut dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Pihak BPK sudah berjanji akan merampungkan audit keseluruhan proyek Hambalang," kata Abraham.

Tak hanya soal penahanan, KPK juga memberi sinyal akan melirik kemungkinan potensi Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Namun, saat ini belum terindentifikasi kekayaan yang tidak wajar dari tersangka.

"Nanti setelah perhitungan kerugian negara," ujar Abraham.

Mereka yang telah ditetapkan sebagai tersangka yakni, mantan Kabiro Keuangan dan Rumah Tangga Kemenpora, Dedi Kusdinar, mantan Menpora Andi Alfian Mallarangeng, Direktur Operasional I PT Adhi-Wika, Teuku Bagus Muhamad Noor.

Sementara Anas Urbaningrium juga telah ditetapkan sebagai tersangka terkait penerimaan hadiah dan janji terkait proyek Hambalang.

Penulis: Edwin Firdaus
Editor: sanusi
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1829621 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas