Lulus di Kedokteran Unair? Bersiap Saja Bayar Uang Kuliah Rp 25 Juta

Rabu, 29 Mei 2013 02:42 WIB

Lulus di Kedokteran Unair? Bersiap Saja Bayar Uang Kuliah Rp 25 Juta
net
Fakultas Kedokteran Unair 

Laporan Wartawan Surya, Musahadah

TRIBUNNEWS.COM – Calon mahasiswa yang lulus masuk Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga harus bersiap-siap mengeluarkan dana hingga Rp 25 juta rupiah per semester. Jumlah ini berdasarkan nilai uang kuliah tunggal (UKT) yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Bebudayaan Nomor 55 Tahun 2013.

Biaya kuliah di Fakultas kedokteran Unair meliputi tujuh kelompok, seperti jurusan lainnya. Kelompok pertama antara Rp 0 hingga Rp 500.000 per semester, kemudian Rp 1,250 juta, Rp 7,5 juta, Rp 15 juta, Rp 20 juta dan kelompok ketujuh Rp 25 juta per semester.

Angka Rp 25 juta per semester ini cukup fantastis, mengingat lulusan SNMPTN ini kebanyakan mahasiswa pintar dari keluarga sederhana. Berbeda dengan jalur kemitraan dan mandiri yang rata-rata ekonomi menengah ke atas.

Selain Pendidikan Dokter, tiga jurusan lain juga mematok angka fantastik di UKT-nya, yakni Pendidikan Dokter Gigi yang kelompok keenam UKT mencapai Rp 22,5 juta per semester. Kemudian Jurusan Pendidikan Bidan dan Kedokteran Hewan yang kelompok keenam mencapai Rp 16 juta per semester.

Wakil Rektor II Unair, M Nasih, mengakui UKT Rp 25 juta per semester itu memang dikhususkan untuk mahasiswa sangat kaya. “Kalau saya umpamakan itu kelasnya jenderal, jadi sepertinya ini hanya pajangan saja,” kata Nasih saat dihubungi surya.co.id (Tribunnews.com Network), Selasa malam (28/5/2013).

Diakui Nasih, pengalaman sebelumnya hampir tidak ada yang bisa melampaui angka itu. Paling-paling hanya ada satu mahasiswa. “Guyonan saya untuk kelompok enam ini daripada duit dipakai nikah lagi, ya lebih baik dipakai untuk biaya kuliah anaknya. Kan lebih bermanfaat,” ujarnya sambil tersenyum.

Halaman
12
Editor: Dodi Esvandi
Sumber: Surya
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help