• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 2 September 2014
Tribunnews.com

Konvensi Capres Belum Mampu Kerek Elektabilitas Demokrat

Kamis, 20 Juni 2013 18:22 WIB
Konvensi Capres Belum Mampu Kerek Elektabilitas Demokrat
Danang Setiaji/Tribunnews.com
Agus Sudibyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Peneliti Indonesia Research Center (IRC) Agus Sudibyo menilai, isu konvensi calon presiden belum mampu mengerek elektabilitas Partai Demokrat, sebagai penggagasnya.

Menurut Agus, isu konvensi memang sudah didengungkan sejak April 2012 dan sekarang menjelma sebagai tindakan politik Partai Demokrat untuk mendobrak kejenuhan publik atas capres muka lama.

"Isu konvensi belum memberi pengaruh signifikan dalam konteks elektabilitas Partai Demokrat sampai sekarang," ujar Agus dalam diskusi 'Siapa yang Ikut Konvensi Partai Demokrat?' di Jakarta, Kamis (20/6/2013).

Mantan anggota Dewan Pers ini menambahkan, Partai Demokrat harus menyadari konvensi ini ibarat pedang bermata dua yang memiliki dampak negatif dan positif, khususnya untuk publik.

Jika konvensi ini benar-benar dijalankan secara kredibel, bukan akal-akalan, dan sukses menghadirkan tokoh atau capres alternatif yang bukan saja populer tapi menggugah publik memilihnya akan bagus.

Manajemen isu menggelorakan konvensi sebagai upaya politik Demokrat harus juga dipertahankan, dan direalisasikan. Pasalnya, ketika tidak ada manfaatnya, dunia sosial media akan kritis.

Bukan tidak mungkin, Agus melanjutkan, rasa kritis publik sosial media juga bisa memberi tanggapan pedas. Misalnya, bisa meyakinkan publik yang awam sekalipun manfaat dari konvensi.

Agus menunjukkan, bagaimana konvensi capres belum mampu menaikkan elektabilitas Partai Demokrat berdasar survei sejumlah lembaga, hanya Mahfud MD yang masuk jajaran enam capres terbaik pilihan publik.

Hanya Mahfud yang nyaring disebut media masuk dalam jajaran peserta konvensi. Tapi nama Gita Wirjawan, Dahlan Iskan, Djoko Santoso, Anis Baswedan yang digadang jadi peserta konvensi masih rendah suaranya.

Sementara tujuan Demokrat menggelar konvensi lebih ingin membongkar dominasi capres lama alias L4 (loe lagi, loe lagi) yang kerap nongol menjelang pemilu presiden. Ini menjadi tugas berat Demokrat ke depan.

Penulis: Y Gustaman
Editor: Johnson Simanjuntak
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
1 KOMENTAR
1931391 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas