Kamis, 29 Januari 2015
Tribunnews.com

Pengamat: PDIP-Golkar Koalisi Positif untuk Kemajuan Demokrasi Indonesia

Sabtu, 29 Juni 2013 21:19 WIB

Pengamat: PDIP-Golkar Koalisi Positif untuk Kemajuan Demokrasi Indonesia
NET
ILUSTRASI 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Berdasarkan hasil survei sejumlah lembaga, PDIP, Golkar, Gerindra, dan Demokrat diyakini akan masuk empat besar partai pemenang Pemilihan Umum 2014.

Sekitar 50-65 persen suara pemilih akan dikuasai dan dibagi oleh keempat partai tadi.

Menurut Direktur Eksekutif Institute for Transformation Studies Andi Saiful Haq, PDIP berpeluang berkoalisi dengan Partai Golkar pada Pilpres 2014. Itu dilakukan PDIP bila menemui ganjalan saat hendak berkoalisi dengan Demokrat dan Gerindra.

"Ini sebenarnya positif bagi kemajuan demokrasi di Indonesia. Akan ada koalisi pemerintahan dan oposisi yang sederhana dan efektif. Ini membuat demokrasi akan berjalan lebih stabil hingga 2019," ujar Saiful Haq dalam rilis yang diterima Tribunnews.com, Sabtu (29/6/2013).

Untuk menggandeng Golkar, lanjut Saiful Haq, ganjalan ada pada figur Aburizal Bakrie, sang ketua umum yang sudah ditetapkan sebagai calon presiden.

Karena itu, PDIP yang diyakininya akan mengusung Joko Widodo, harus mencari tokoh Golkar lain untuk dipasangkan dengan Gubernur DKI Jakarta.

"Tokoh (Golkar) tentu harus punya karakter yang cukup kuat, karena punya dua tugas berat sekaligus, mendampingi Jokowi dan memenangkan Munas Golkar 2015," tuturnya.

Halaman12
Penulis: Willy Widianto
Editor: Yaspen Martinus
KOMENTAR ANDA

TRIBUNnews.com © 2015

About Us

Help

Atas