Rabu, 29 Juli 2015
Tribunnews.com

Ini Tujuh Aturan Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat

Minggu, 7 Juli 2013 22:57 WIB

Ini Tujuh Aturan Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat
NET
ILUSTRASI

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjelaskan tujuh aturan pokok konvensi Demokrat. Itu dilakukan SBY agar tidak terjadi bias di masyarakat.

"Saya telah berbicara kepada pimpinan Partai Demokrat, bersepakat untuk memberikan penjelasan kepada publik pada malam hari ini," kata SBY di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Minggu (7/7/2013).

Pertama, SBY menjelaskan mengenai sistem konvensi, yakni semi terbuka, yang dapat diikuti dari non kader partai.  

"Konvensi lengkapnya adalah seleksi dan konvensi dilaksanakan secara transparan. Konvensi ini melibatkan rakyat dalam pemilihan dan penetapan pemenang konvensi, dan tidak ada penyisihan di tengah jalan, kecuali kandidat yang bersangkutan mengundurkan diri," tutur SBY.

Kedua, mengenai organisasi konvensi. SBY menjelaskan akan dibentuknya komite konvensi yang bertugas menggelar kegiatan seleksi dan konvensi. Pimpinan dan keanggotaan konvensi merupakan perpaduan tokoh Demokrat dan tokoh independen.

"Komite konvensi bertanggung jawab kepada Majelis Tinggi Partai Demokrat," ujarnya.

Ketiga, mengenai peserta konvensi. SBY menjelaskan, peserta konvensi merupakan kader Partai Demokrat dan non kader. Peserta harus memenuhi syarat yang dilakukan konvensi.

Halaman123
Penulis: Ferdinand Waskita
Editor: Yaspen Martinus
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas