Jumat, 28 November 2014
Tribunnews.com

Kronologi Bentrok Warga dan FPI di Kendal

Kamis, 18 Juli 2013 23:02 WIB

Kronologi Bentrok Warga dan FPI di Kendal
net
ilustrasi bentrok

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Samsul Hadi

TRIBUNNEWS.COM, KENDAL - Rabu (17/7/2013), sekitar pukul 15.00 WIB, massa FPI Temanggung melakukan sweeping di lokalisasi Sarem dan beberapa tempat hiburan di Kecamatan Sukorejo. Ormas islam tersebut datang mengendarai tiga unit mobil. Kelompok ormas islam itu merusak tempat hiburan malam di lokasi tersebut.

Ketika melakukan sweeping terjadi bentrokan dengan warga sekitar. Warga melawan kelompok ormas tersebut. Warga merusak satu unit mobil pikap milik ormas islam tersebut. Mobil tersebut dirusak di bundaran Sukorejo.

Dalam bentrokan itu ada dua orang dari kelompok ormas yang mengalami luka ringan. Kedua orang itu sempat diamankan di Polsek Patean. Kejadian itu berlangsung hingga pukul 17.30 WIB. Tetapi malam itu sebagaian warga berjaga-jaga di beberapa titik di desa itu.

Malam itu juga ada perwakilan warga yang mendatangi pemimpin kelompok ormas islam itu di Temanggung. Maksud kedatangan perwakilan warga untuk minta ganti rugi atas perusakan yang dilakukan kelompok ormas islam. Tetapi, pihak kelompok ormas itu menolak.

Kamis (18/7/2013), warga Sukorejo mendapat kabar akan ada serangan balasan dari kelompok ormas islam tersebut. Sejumlah warga sudah berjaga-jaga.

Sekitar pukul 13.00 WIB, kelompok ormas islam tersebut datang ke Sukorejo. Mereka datang mengendarai sekiar tujuh unit mobil. Mereka datang dikawal polisi. Mereka mengelilingi kampung Sukorejo. Mengetahui hal itu, sebagian warga keluar dan berkumpul di bundaran Sukorejo. Sempat terjadi bentrokan lagi antara warga dan kelompok ormas islam.

Ketika terjadi bentrok, kelompok ormas islam kabur menggunakan mobil. Saat kabur mobil kelompok ormas islam menabrak seorang ibu pengendara sepeda motor di Jalan Sukorejo-Parakan. Ibu pengendara sepeda motor itu berboncengan dengan anaknya. Ibu tersebut terseret hingga tewas.

Hal itu semakin memicu kemarahan warga. Ratusan warga berdatangan ke lokasi. Warga mengejar mobil kelompok ormas islam yang menabrak ibu pengendara motor. Warga berhasil menghadap mobil kelompok ormas islam itu di wilayah Patean, sekitar 2 kilometer dari Sukorejo. Warga membakar avanza milik kelompok ormas islam itu.

Ada sebagian anggota kelompok ormas islam masih berada di Sukorejo. Ketika kejadian, anggota kelompok ormas itu sedang salat di Masjid Agung Sukorejo. Akhirnya sebagian kelompok ormas itu diamankan di Masjid Agung Sukorejo. Ratusan warga berkumpul di bundaran Sukorejo.

Ratusan polisi dan TNI dikerahkan untuk mengamankan lokasi. Kelompok ormas itu kemudian dievakuasi ke Polres Kendal sekitar pukul 17.30 WIB. sejumlah warung di Sukorejo tutup saat bentrokan terjadi.

Editor: Willy Widianto
Sumber: Tribun Jateng

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas