• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 22 Agustus 2014
Tribunnews.com

Tujuh Kapolda Dimutasi

Selasa, 10 September 2013 10:50 WIB
Tujuh Kapolda Dimutasi
dkm
ilustrasi
 
Laporan wartawan tibunnews.com : Adi Suhendi
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA-- Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Polisi Timur Pradopo kembali melakukan mutasi terhadap sejumlah perwira tinggi dan perwira menengah di lingkungan Polri. Berdasarkan Surat Telegram yang diperoleh wartawan dengan nomor ST/1772/IX/2013 ada tujuh Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) yang dimutasi.
Tujuh Kapolda yang dimutasi tersebut diantaranya Kapolda Bali, Kapolda Bengkulu, Kapolda Banten, Kapolda Maluku Utara, Kapolda Gorontalo, Kapolda Kalimantan Barat, dan Kapolda Kalimantan Selatan.
Dalam surat telegram yang dikeluarkan 9 September 2013 tesebut ada 164 perwira menengah dan perwira tinggi yang dimutasi. Kebanyakan perwira yang dimutasi dikarenakan memasuki masa pensiun mulai dari perwira tinggi bintang dua (Inspektur Jendral) sampai Komisaris Besar Polisi. Sebagian lagi merupakan bagian dari promosi jabatan mulai dari perwira tinggi polisi bintang satu (Brigadir Jenderal) sampai Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP).
Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Ronny Franky Sompie membenarkan adanya mutasi jabatan tersebut. Ada tiga alasan yang menyebabkan Kapolri melakukan rotasi jabatan tersebut diantaranya karena pensiun, promosi jabtan, dan dalam rangka penyegaran organisas kepolisian.
“Ada beberpa perwira tinggi dan perwira menengah yang pensiun sehingga perlu dilakukan mutasi dan membeikan kesempatan kepada pewira menengah dan perwira tinggi menempati jabatan yang kosong tersebut,” kata Ronny saat ditemui tribun di Mabes Polri, jakarta Selatan, Senin (9/9/2013).
Sebagai contoh perwira tinggi yang dimutasi diantaranya Irjen Po Benny Jozua Mamoto yang diperbantukan di BNN sebagai Direktur Narkotika Alami Deputi Bidang Pemberantasan BNN kini ditempatkan sebagai perwira tinggi di Pelayanan Markas  (Yanma) Mabes Polri karena memasuki masa pensiun.
Sementara perwira tinggi yang mendapatkan promosi jabatan diantaranya Brigjen Pol Budi Waseso yang menempati jabatan bintang dua sebagai Widyaiswara Utama Sespim Polri meskipun harus melepaskan jabatannya sebagai Kapolda Gorontalo. “Ia mendapatkan promosi jabatan bintang dua karena mendapat Widyaiswara Utama,” ucap Ronny.
Nama Budi Waseso sempat mencuat karena dirinya kembali mengungkap kasus korupsi yang sebelumnya sempat terpendam di Gorontalo. Kasus tersebut melibatkan sejumlah pejabat daerah di Gorontalo, sehingga ada anggapan mutasinya berkait dengan kasus yang ditanganinya. Kompolnas sempat merilis bahwa ada lobi-lobi dari petinggi-petinggi di Gorontalo ke Mabes Polri supaya Kapolda yang terbilang tegas tersebut dimutasi.
Mengenai dugaan tersebut Ronny membantahnya, bahwa mutasinya murni sebagai bentuk promosi jabatan terhadap mantan Kepala Biro Pengamanan Internal Polri tersebut. Untuk kasusnya tetap ditangani secara proporsional. “Karena menyangkut kepala daerah disana maka penangananya harusnya diambil alih oleh pejabat yang levelnya lebih tinggi dalam hal ini Mabes Polri. Tetapi kita lihat saja nanti seperti apa apakah tetap ditangani di sana (Gorontalo) atau diambil Mabes Polri,” ungkapnya.
Berikut Kapolda yang dimutasi;  Pertama, Irjen Pol Arif Wachyunadi yang kini menjabat sebagai Kapolda Bali menempati jabatan baru sebagai Asisten Oprasi Polri yang ditinggalkan Komjen Pol Badrodin Haiti yang kini menjabat sebagai Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan.
Kedua, Jabatan Kapolda Bali diisi Brigjen Pol Albertus Julius Benny Mokalu yang kini menjabat sebagai Kapolda Bengkulu. Jabatan yang ditinggalkan Brigjen Benny Mokalu sebagai Kapolda Bengkulu diisi Brigjen Pol Tatang Somantri yang kini menjabat sebagai Karobinopsnal Baharkam Polri. Sementara jabatan Karobinopsnal Baharkam Polri diisi Kombes Pol Ghufron.
Ketiga, Kapolda Banten Brigjen Pol Eddy Sumantri diangkat dalam jabatan baru sebagai Sahlisosbud Kopolri, sementara jabatan Kapolda Banten diisi Brigjen Pol Muhammad Zulkarnain yang sebelumnya menjabat sebagai Kabagbingadikrobindiklat Lemdikpol. Jabatan yang ditinggalkan Brigjen Muhammad Zulkarnain diisi Kombes Pol Musyafak yang kini menjabat sebagai Kaprodi S2 Ditprogram Pascasarjana STIK Lemdikpol.
Keempat, Kapolda Gorontalo Brigjen Pol Budi Waseso diangkat dalam jabatan baru sebagai Widyaiswara Utama Sespim Polri. Kapolda Gorontalo diisi Brigjen Pol Andjaja yang sebelumnya menjabat Karorbp Srena Polri, jabatan yang ditinggalkan Brigjen Andjaja diisi Kombes Pol M Naufal Yahya.
Kelima, Kapolda Kalimantan Barat Tubagus Dwi Apriyanto diangkat dalam jabatan baru sebagai Kepala Sekolah Pembetukan calon Perwira (Kasetukpa) Lemdikpol menggantikan Brigjen Pol Jodie Rooseto yang saat ini dipercaya menjadi Sahlijemen Kapolri. Jabatan Kapolda kalimantan Barat diisi Brigjen Pol Arie sulistiyo yang kini  menjabat sebagai Wakil Kepala Korps Brimob (Wakakorbrimob) Polri . Jabatan Wakakorbrimob Polri diisi Kombes Pol Rio Septianda yang kini menajabat sebagai Wakapolda Kalimantan Selatan. Pengganti kombes Rio Septianda sebagai wakapolda Kalimantan Tengah adalah Kombes Pol Budi Setiono yang kini menjabat sebagai Kabaglakbarrevisirojemengar Srena Polri.
Keenam, Kapolda Kalimantan Selatan Brigjen Pol Taufik Anshorie diangkat dalam jabatan baru sebagai Kepala Sekolah Perwira Menengah (Kasespimma) Lemdikpol. Pengganti Taufik Ansorie adalah Brigjen Pol Machfud Arifin yang saat ini menjabat sebagai Kapolda Maluku Utara.
Ketujuh, Kapolda Maluku Utara yang ditinggalkan Brigjen Pol Machfud Arifin akan diisi Brigjen Pol Sobri Effendy Surya yang kini menjabat sebagai Kasespimma.
Bukan hanya itu, Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Sulawesi Selatan Brigjen Pol pun diangkat dalam jabatan baru sebagai Sahlisospol Kapolri. Sementara Jabatan Wakapolda Sulawesi  Selatan diisi Brigjen Pol Ike Edwin  yang kini menjabat sebagai Widyaiswara Madya Sespim Polri Lemdikpol
Penulis: Adi Suhendi
Editor: Gusti Sawabi
Sumber: Tribun Jakarta
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
1 KOMENTAR
2267131 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
  • Suara Demokrasi-Selasa, 10 September 2013 Laporkan
    SBY memakai tangan si Timur menyusun kekuatan utk menghadapi pemilu 2014....timur sdh saatnya pensiun....org2 yg berprestasi disingkirkan...org2 penjilat dan loyal dipertahankan...Polisi sampah masyarakat
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas