• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 22 Agustus 2014
Tribunnews.com

Lakalantas Libatkan Anak di Bawah Umur: Ujian Praktik SIM Diperketat

Selasa, 24 September 2013 15:43 WIB
Lakalantas Libatkan Anak di Bawah Umur: Ujian Praktik SIM Diperketat
KOMPAS images/KRISTIANTO PURNOMO
Mobil Mitsubishi Lancer B 80 SAL yang dikemudikan putra bungsu Ahmad Dhani dan Maia Estianty, AAQJ dan Daihatsu Gran Max B 1349 TFN dalam kondisi ringsek akibat kecelakaan di Tol Jagorawi, diamankan di Satlantas Wilayah Jakarta Timur, Minggu (8/9/2013). Kecelakaan yang melibatkan tiga mobil yaitu Mitsubishi Lancer B 80 SAL, Daihatsu Gran Max B 1349 TFN dan Toyota Avanza B 1882 UZJ ini mengakibatkan enam orang meninggal dunia dan sebelas orang luka-luka. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Adi Suhendi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Banyaknya kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) yang melibatkan anak di bawah umur membuat Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mengambil kebijakan lewat cara terjun ke sekolah-sekolah melakukan sosialisasi keselamatan berlalu lintas.

Kepala Bagian Produksi dan Dokumentasi Divisi Humas Polri Kombes Pol Hilman Thayib menjelaskan, Korlantas Polri bekerjasama dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melaksanakan pencegahan penggunaan kendaraan bagi anak-anak di bawah umur

"Kami tingkatkan sosialisasi dengan program police go to school dan melaksanakan pembinaan PKS (Polisi Keamanan Sekolah) yang tadinya lebih banyak mengarah ke pengaturan ini kami tingkatkan bagaimana pembinaan ini untuk ditingkatkan lagi di bidang keselamatan berlalu lintas," kata Hilman.

Selain itu, kata Hilman, penegakan hukum melalui razia-razia kendaraan akan ditingkatkan, khususnya di lingkungan-lingkungan sekolah untuk mengontrol kebijakan sosialisasi keselamatan berlalu lintas berjalan atau tidak di internal sekolah.

Adapun untuk program internal, Hilman menjelaskan pihaknya akan memperketat pengawasan praktik ujian pembuatan Surat Izin Mengemudi. Hilman juga mengimbau agar masyarakat senantiasa jadi pelopor keselamatan berlalu lintas.

"Untuk ke dalam, kepolisian terhadap anggota-anggota yang akan melakukan pengambilan SIM tentu kami adakan peningkatkan pengecekan baik bagaimana praktiknya maupun bagaimana dengan kegiatan-kegiatan berkaitan dengan ujian praktik. Kami mencegah dan mengantisipasi meningkatnya kecelakaan lalu lintas di jalan raya," ucapnya.

Penulis: Adi Suhendi
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
2321892 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas