Minggu, 1 Maret 2015
Tribunnews.com

Pameran Kopi Gayo dan Didong Semalam Suntuk di Gedung MPR

Kamis, 10 Oktober 2013 18:22 WIB

Pameran Kopi Gayo dan Didong Semalam Suntuk di Gedung  MPR
Istimewa

Laporan Wartawan Serambi Indonesia, Fikar W Eda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Untuk pertama kali, pameran kopi Gayo dan pertunjukan kesenian Gayo, didong jalu (didong tanding) digelar di Gedung MPR RI. Pertunjukan 'langka' itu sedianya akan dihelat pada Jumat (25/10/2013) mendatang.

Pertunjukan didong Gayo akan berlangsung satu malam suntuk, digelar dalam rangka sosialisasi empat pilar kebangsaan, Pancasila, UUD 45, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika. Wakil Ketua MPR RI Ahmad Farhan Hamid mengatakan,  kopi Gayo dan didong Gayo pantas mendapat kehormatan tampil di MPR RI.

"Kopi Gayo sudah terkenal di dunia internasional, tapi belum begitu populer di dalam negeri," katanya.

Sementara didong adalah kesenian  sangat akrab dengan masyarakat Gayo yang berlangsung sampai pagi.  

"Di Indonesia ini tidak banyak lagi kesenian yang bertahan sampai pagi. Kecuali didong dan wayang di Jawa," kata Farhan Hamid yang juga anggota DPD asal Aceh. Pertunjukan "Didong Senayan" tersebut akan mensosialisasikan empat pilar kebangsaan, mempertandingkan dua grup didong, Kemara Bujang dan Teruna Jaya yang didatangkan khusus dari Aceh Tengah.

Sekretaris panitia pelaksana Didong dan Pameran Kopi Gayo, Yusradi Usman al-Gayoni, mengatakan, ini sejarah penting bagi Aceh, yang mendapat tempat khusus di Gedung MPR RI untuk menggelar pameran kopi Gayo dan didong semalam suntuk.

Halaman12
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
KOMENTAR ANDA

TRIBUNnews.com © 2015

About Us

Help

Atas