Calon Presiden 2014

Megawati Memberi Restu Jokowi Dicalonkan jadi Presiden

Langkah Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo untuk menjadi calon presiden (capres) tampak semakin mulus.

Megawati Memberi Restu Jokowi Dicalonkan jadi Presiden
TRIBUNNEWS/DANY PERMANA
Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri (kiri) berada satu mobil dengan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (kanan) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Langkah Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo untuk menjadi calon presiden (capres) tampak semakin mulus.

Politisi senior PDI Perjuangan, Sabam Sirait, mengatakan, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri sudah memberi sinyal merelakan Jokowi untuk maju menjadi capres.

"Syaratnya, Ibu Mega jangan diolok-olok. Kalau mau dorong dia untuk majukan Jokowi, saya rasa dia juga sudah sadar kok," ujar Sabam di Kompleks Parlemen, Kamis (31/10/2013).

Sabam mengatakan, saat ini Jokowi sangat dekat dengan Megawati. Hal tersebut bisa menjadi sinyal bagi pencalonan Jokowi menjadi presiden. Selain restu dari Mega, lanjut Sabam, Jokowi sudah mengantongi dukungan dari para pengurus PDI Perjuangan dari Sabang hingga Merauke.

Saat ini, pencalonan Jokowi menjadi presiden pun tinggal menunggu momentum ketetapan dari Megawati sebagai pihak yang berwenang menentukan capres. Menurut Sabam, Megawati bisa saja menggelar kongres luar biasa untuk menentukan capres.

"Momentumnya kapan, ada kemungkinan di menit-menit terakhir. Akan ada waktu yang tepat, jangan sekarang karena Jokowi akan diserbu," ucap Sabam.

Nama Jokowi kian berkibar dalam sejumlah survei elektabilitas capres. Jokowi pun sempat diajukan mayoritas pengurus PDI Perjuangan di seluruh Indonesia dalam Rakernas PDI Perjuangan pada bulan September 2013 lalu. Namun, keputusan menetapkan capres semuanya tetap ada di tangan Megawati Soekarnoputri.

Di dalam Rakernas itu, Megawati bahkan sudah menunjukkan dukungannya terhadap Jokowi melalui berbagai cerita dalam pidato-pidato politiknya.

Sementara itu, Jokowi masih enggan berkomentar terkait wacana pencapresan. Ia selalu berkata menyerahkan sepenuhnya kepada partai karena saat ini sedang fokus menjalani tugas sebagai gubernur.

Editor: Rachmat Hidayat
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved