Jumat, 27 Maret 2015
Tribunnews.com

Sindikat Peredaran Gelap Senjata Api Datangkan Barang dari Luar Negeri

Selasa, 7 Januari 2014 19:49 WIB

Sindikat Peredaran Gelap Senjata Api Datangkan Barang dari Luar Negeri
Tribunnews.com/Adi Suhendi
Kepolisian menunjukan barang bukti dan empat pelaku peredaran gelap senjata api 

Laporan Wartawan Tribunnews.com  Adi Suhendi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Kepolisian berhasil membongkar sindikat peredaran gelap senjata api yang melibatkan paman dari seorang anggota kelompok teroris Ciputat Anton alias Septi yang ditangkap di Banyumas, Jawa Tengah pada 31 Desember 2013 lalu. Diduga kuat senjata api pabrikan tersebut didatangkan dari luar negeri.

Demikian diungkapkan Kepala Sub Direktorat I Keamanan Negara dan Separatisme Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Kombes Pol Mashudi di Mabes Polri, Jakarta Selatan.

"Dari beberapa jenis memang kita melihat produknya kemungkinan dari luar. Karena ini dari tangan ke sekian, bukan pemilik pertama yang mengorder atau mendapatkan senjata api itu. Bagaimana mereka memasukan ke Indonesia ini yang masih kita kembangkan," ungkap Mashudi.

Dari empat tersangka yang berhasil diamankan, sindikat ini sudah berjalan lama dalam bisnis jual beli senjata api. Dari pengakuan seorang tersangkanya berinisial ES serta pemeriksaan dokumen, ES mengaku pernah membeli sebanyak empat pucuk senjata api berbagai jenis dar tiga orang.

"Ia telah menjual tujuh pucuk senjata api kepada tujuh orang di beberapa wilayah di Indonesia," ucap Mashudi.

Sementara dari tersangka TH kepolisian mendapatkan keterangan bahwa dirinya sudah membeli lima pucuk senjata api berbagai jenis dari empay orang. "Dia sudah menjual enam pucuk senjata api berbagai jenis kepada lima orang di berbagai wilayah Indonesia," ucapnya.

Halaman12
Penulis: Adi Suhendi
Editor: Hendra Gunawan
KOMENTAR
berita POPULER

TRIBUNnews.com © 2015

About Us

Help

Atas