Universitas Chiba Jepang Buat Simposium di Yogyakarta

Simposium ini merupakan kegiatan pertukaran pengetahuan dan teknologi antara Jepang dan Indonesia

Universitas Chiba Jepang Buat Simposium di Yogyakarta
Tribunnews.com/Richard Susilo
Prof. Josaphat Tetuko Sri Sumantyo dari Universitas Chiba Jepang 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo, dari Tokyo

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO -  Universitas Chiba akan menggelar simposium ke enam gabungan para saintis Jepang-Indonesia (IJJSS2014) di Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) pada tanggal 28 - 30 Oktober 2014. Simposium ini merupakan kegiatan pertukaran pengetahuan dan teknologi antara Jepang dan Indonesia yang dimulai sejak tahun 2004 oleh Chiba University Jepang dan Universitas Indonesia.

"Saat ini Chiba University telah mempunyai sembilan sister university di Indonesia, yaitu UI, IPB, ITB, Unpad, UGM, Undip, ITS, Unud dan Unhas, dan terus akan bertambah jumlahnya. Untuk menjalin kerjasama yang lebih baik dengan Indonesia, Universitas Chiba membuat simposium tersebut bulan Oktober mendatang di Yogya," papar Prof Josaphat Tetuko Sri Sumantyo, dari Universitas Chiba Jepang kepada Tribunnews.com Senin (3/2/2014) pagi.

Pada bulan Februari 2011, Chiba University telah meresmikan International Exchange Center (IEC) office di Kampus Depok Universitas Indonesia untuk mendukung kegiatan pertukaran pendidikan dan penelitian di Indonesia.

Berbagai program pertukaran telah diselenggakan bersama Universitas dan instansi penelitian di Indonesia. Pada saat jumlah mahasiswa Jepang di universitas Jepang yang ingin belajar di negara-negara Asia menurun, Chiba University telah memecahkan rekor pengiriman mahasiswa Jepang ke luar negeri, khususnya Indonesia. Sehingga Chiba University menempati ranking teratas pada tahun 2013 menurut catatan Kementerian Pendidikan dan Teknologi Jepang (Monbukagakusho).

Hal ini terealisasi dengan diadakannya berbagai program pertukaran pelajar, khususnya bersama lembaga pendidikan di Indonesia, misalnya   Japan Discovery Program (TWINCLE) untuk pengiriman mahasiswa Jepang ke SMA dan SMP di Indonesia. Program Short-Stay, Short-Visit Program, SKIPWISE dll ke lembaga pendidikan dan peneliti Indonesia, misalnya LAPAN, BPPT dll untuk pengembangan bersama pesawat tanpa awak dan mikro satelit. Program ini memberikan kesempatan kepada para pemuda-pemudi Jepang dan Indonesia untuk dapat saling bertukar ilmu pengetahuan dan penerapannya.

Chiba University merupakan Universitas tua yang telah memulai kerjasama dengan Indonesia sejak tahun 1949 melalui pendidikan bagi para mahasiswa Indonesia pada jaman Soekarno untuk belajar bahasa Jepang sebelum mereka melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi ke berbagai universitas di Jepang, khususnya di bawah program pampasan perang saat itu.

Alumni Chiba University di Indonesia telah mencapai ribuan yang tersebar di seluruh Indonesia. Para alumni diharapkan dapat menjembatani berbagai kegiatan ekonomi, budaya, pendidikan dll antara Jepang dan Indonesia.

Pada tanggal 25 Oktober 2012 kantor International Exchange Center (IEC) atau Kantor Kerjasama Internasional Universitas Indonesia telah diresmikan di Chiba University sebagai media untuk kerjasama Indonesia dan Jepang. Kantor ini telah merealisasikan Double Degree Program antara Chiba University dengan Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Udayana (Unud) dan Universitas Hasanuddin (Unhas).

Perjanjian kerjasama ini semua telah dipersiapkan oleh Josaphat biasa dipanggil Jos, staf pengajar tetap Chiba University yang berasal dari Indonesia. Selama ini  Jos  telah berisiniatif untuk melakukan kerjasama penelitian dan pendidikan melalui pertukaran mahasiswa Indonesia dari berbagai Universitas di Indonesia, khususnya dari kesembilan Sister University melalui program Short Stay Program, Short Visit Program dari Kementerian Pendidikan dan Teknologi Jepang dan Beasiswa Unggulan Kemendiknas Indonesia.

Halaman
12
Editor: Yudie Thirzano
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help