Senin, 22 Desember 2014
Tribunnews.com

Pendaftaran SNMPTN Dibuka Mulai Hari Ini Hingga 31 Maret

Senin, 17 Februari 2014 16:23 WIB

Pendaftaran SNMPTN Dibuka Mulai Hari Ini Hingga 31 Maret
TRIBUN SUMSEL/M.AWALUDDIN FAJRI
ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Terhitung mulai Senin (17/2) ini hingga 31 Maret 2014, penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau prestasi akademik mulai dibuka.

Hanya siswa yang rekam jejak prestasinya tercatat di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) yang bisa mendaftar. Karena itu, sekolah yang belum mengisi  PDSS dihimbau untuk segera melakukan pengisian.

Ganjar Kurnia, Ketua SNMPTN, mengatakan pengisian PDSS oleh sekolah terbuka hingga 6 Maret 2014 mendatang. Namun setelah itu, sekolah tidak bisa lagi memasukkan data PDSS, yang akan berakibat tidak bisanya anak didiknya mendaftar di SNMPTN.

Setelah sekolah mengisi PDSS, lanjut Ganjar, sekolah diminta untuk memberikan password kepada siswa, agar mereka bisa memverifikasi data yang telah dimasukkan.

“Jika siswa tidak melakukan  verifikasi maka data yang dimasukkan oleh kepala sekolah dianggap benar. Data tersebut  tidak bisa diubah setelah waktu verifikasi berakhir,” ujar Ganjar seperti dilansir Tribunnews dari laman khusus Setkab, Sabtu (15/2/2014).

Menurut Ganjar, hingga hari Sabtu (15/2), 11.836 sekolah telah mengisi PDSS. Jumlah tersebut termasuk 1982 sekolah baru. Untuk siswa, jumlah yang terdaftar adalah 2.319.050 siswa.

"Jumlah dua jutaan itu termasuk siswa kelas satu. Karena sekolah diminta mengisi PDSS itu sejak siswanya di kelas 1," terang Ganjar.

SNMPTN adalah seleksi calon mahasiswa baru berdasarkan prestasi akademik. Sekolah yang bisa mengikuti seleksi ini adalah sekolah yang memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN). Dan siswa yang bisa didaftarkan adalah siswa yg memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).

"Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki rekam jejak prestasi akademik di PDSS," tegas Ganjar.

Selain itu, siswa yang boleh mendaftar SNMPTN kali ini adalah siswa SMA/SMK/MA/MAK kelas terakhir yang mengikuti ujian nasional pada tahun 2013 atau 2014.

Ikuti Prosedur

Dalam kesempatan itu, Ketua SNMPTN Ganjar Kurnia mengingatkan, saat mendaftar untuk Seleksi SNMPTN, siswa wajib membaca prosedur operasi baku (POB) yang terdapat di laman PTN yang dituju. POB berisi ketentuan yang akan membantu siswa saat mendaftar SNMPTN.

"Kita harapkan betul agar mereka membaca terlebih dahulu di laman PTN masing-masing, agar tidak perlu lagi menghubungi call center," kata Ganjar.

Editor: sanusi

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas