SBY Naiki Ratusan Anak Tangga Situs Gunung Padang: Ingin Jadikan Seperti Candi Borobudur

Presiden menaiki sekira 700 anak tangga situs Gunung Padang. Persiapannya, relaksasi beberapa menit, bahkan ia terlihat pergi ke toilet dulu

SBY Naiki Ratusan Anak Tangga Situs Gunung Padang: Ingin Jadikan Seperti Candi Borobudur
setkab.go.id
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berdialog bersama Tim Terpadu Riset Mandiri (TTRM) soal situs Gunung Padang di Kampung Cimanggu, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Selasa (25/2/2014). Kedatangannya ke situs megalitikum itu ditemani istrinya, Ani Yudhoyono, dan anaknya, Edhie Baskoro. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Teuku Muhammad Guci S

UNTUK pertama kalinya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyambangi situs Gunung Padang di Kampung Cimanggu, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Selasa (25/2/2014). Kedatangannya ke situs megalitikum itu ditemani istrinya, Ani Yudhoyono, dan anaknya, Edhie Baskoro.

Datang ke Gunung Padang, SBY menggunakan kereta api dari Bogor. Hal itu sengaja ia lakukan sekaligus untuk menjajal jalur kereta api Bogor-Sukabumi-Cianjur yang sempat vakum. Bersama sejumlah pejabat negara SBY turun di Stasiun Lampegan.

Sesampainya di Gunung Padang, pria yang juga petinggi Partai Demokrat itu langsung dikerumuni warga sekitar yang kebetulan datang. SBY, yang berkemeja dan bercelana hitam ditambah rompi cokelat, langsung menyapa warga.

SBY pun duduk di kantor pusat informasi Gunung Padang. Ia mendengarkan pemaparan singkat tentang Gunung Padang. Ia pun sempat pergi ke arah belakang menuju toilet setelah mendengarkan paparan. Itu ia lakukan untuk persiapan sebelum naik ke puncak Gunung Padang.

Tak hanya itu, SBY mengajak Tim Terpadu Riset Mandiri (TTRM) dan warga melakukan senam ringan sekadar melemaskan otot. Tangan kanan dan kiri ditekuknya. Kedua kakinya digoyang- goyangkan di tempat. Lantas ia pun langsung naik ke situs itu.

Pantauan Tribun menunjukkan, SBY memilih anak tangga di sebelah kanan pintu utama Gunung Padang. Di belakangnya, ikut sejumlah pejabat negara dan pemerintah Provinsi Jawa Barat. Ia pun langsung melesat menyusuri ratusan anak tangga tersebut. Diketahui, situs tersebut setidaknya memiliki 700-an anak tangga.

Sesekali ia berhenti untuk mendengarkan penjelasan dari TTRM. Namun tak ada kesan ia terlihat lelah menyusuri anak tangga. SBY pun terus melanjutkan perjalanannya hingga sampai di teras pertama situs Gunung Padang untuk mendengarkan paparan lagi.

SBY sangat mendukung penelitian terhadap Gunung Padang. Ia pun ingin penelitian tetap dilanjutkan. Menurutnya, penelitian dan pemugaran situs itu harus dituntaskan.

"Saya ingin situs ini bisa seperti Candi Borobudur. Kami akan berupaya Gunung Padang ditetapkan sebagai cagar budaya nasional," katanya.

Halaman
12
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved