• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 26 Oktober 2014
Tribunnews.com

Bambang Soesatyo: Skandal Bailout Bank Century Bisa Jadi Hasil Operasi Intelijen

Minggu, 23 Maret 2014 16:46 WIB
Bambang Soesatyo: Skandal Bailout Bank Century Bisa Jadi Hasil Operasi Intelijen
TRIBUNNEWS.COM/BIAN HARNANSA
Wakil Presiden Boediono 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Abdul Qodir

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Presiden Boediono dan Mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani, kerap diasosiasikan sebagai dua sosok yang paling bertanggungjawab atas skandal bailout Bank Century.

Namun, bagi sejumlah pihak, terdapat "invicible hand" yang jauh memiliki kekuatan dan paling bertanggungjawab atas pengucuran dana bailout Century, sehingga menjadikan dana tersebut sebagai ladang korupsi.

Penilaian seperti itu, bukan tanpa alasan kuat. Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum, sudah memberikan pengakuan mengejutkan tentang adanya "kekuatan tak terlihat" tersebut.

Kepada penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi, Anas mengakui adanya penyumbang atau donatur palsu alias fiktif dalam laporan dana kampanye Partai Demokrat Pilpres 2009. Termasuk, dugaan aliran dana dari jatah bailout Bank Century.

Anggota Tim Pengawas (Timwas) skandal Bank Century DPR RI Bambang Soesatyo mengatakan, pengakuan Anas itu semakin menguatkan dugaan adanya kekuatan di atas Sri Mulyani dan Boediono.

"Pernyataan Anas Urbaningrum seusai di periksa KPK, semakin menguatkan dugaan adanya kekuatan di atas Sri Mulyani dan Boediono, dan ikut bermain dalam skandal bailout Bank Century," kata Bambang Soesatyo melalui pesan singkat, Minggu (23/3/2014).

Menurut Bambang, pernyataan Anas tersebut, juga menjadi pembetulan terhadap temuan Panitia Khusus (Pansus) DPR kasus Bank Century.

Pansus DPR, kata dia, sebelumnya menemukan kejanggalan dalam profil nasabah penerima dana bailout Bank Century.

"Faktor kejanggalan profil nasabah dan donatur ini, mengindikasikan adanya operasi rahasia yang menunggangi keputusan KSSK menyetujui bailout Bank Century," ujar Bambang, yang juga anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Golkar itu.

Semula, sambung Bambang, dana bailout yang disetujui oleh Komite Stabilitas Sistem Keuangan pimpinan Sri Mulyani hanya sebesar Rp 632 miliar.

Namun, terdapat rekomendasi lain kepada pimpinan LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) untuk mencairkan dan mendistribusikan dana hingga membengkak menjadi Rp 6,7 triliun seusai pemilihan presiden.
 
Berdasarkan hal itu, terusnya, Boediono kekinian menuding LPS sebagai pihak yang mampu memberi penjelasan terkait skandal tersebut.

"Tapi, karena tidak mau dikambinghitamkan, LPS sudah membantah Boediono. Jadi, pertanyaan kini adalah, apa alasan LPS sampai nekat menggelontorkan dana bailout melampaui jumlah yang direkomendasikan oleh Sri Mulyani-Boediono," cecarnya.

"Saya menduga, tanpa sepengetahuan KSSK, ada operasi atau perintah rahasia kepada LPS. Perintah rahasia untuk pencairan bailout itu, pasti datang dari institusi di atas KSSK yang sangat berkuasa, sehingga LPS tak berani menolak," ungkapnya.

Pertanyaan lainnya, yakni mengapa sampai Sri Mulyani selaku Ketua KSSK terkaget-kaget dan hanya bisa marah atas kejadian tersebut.

Pertama, terang Bambang, karena Sri Mulyani sadar bahwa operasi rahasia pencairan dana di LPS itu telah diskenariokan sedemikian rupa sehingga berada di luar kendali KSSK.

"Nah, kalau segala sesuatunya bisa dipaksakan, bisa jadi itu adalah kerja atau operasi intelijen," tandasnya.

Penulis: Abdul Qodir
Editor: Reza Gunadha
12 KOMENTAR
3080672 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
  • Ponceng Community-Senin, 24 Maret 2014 Laporkan
    Makin jelaslah peranan PD dan geng penguasa dlm merampok negeri ini..
  • Saifullah Suwiryabumi-Senin, 24 Maret 2014 Laporkan
    Tepat apa yg dikatakan Bambang Soesatyo , ini bisa dilihat dari dipromosikannya Boediono dan Sri Mulyani menjadi Wakil Presiden dan Direksi Bank Dunia.
    Agar mereka berdua lolos dari jeratan hukum ( kebal hukum )dan bisa diperhatikan setiap Boediono dan Sri Mulyani digoyang , SBY pasti bersuara untuk membela mereka berdua.
    Saya orang awam saja langsung tahu bagaimana gerak gerik Pemimpin negeri ini , Boediono dan Sri Mulyani melengkapi Daftar Pemimpin yang tidak amanah , memang Operasi Intelejen tidak pernah pergi dari sisi SBY selama dia menjadi Presiden .
    Next Intelejen akan merapat ke Prabowo Subiyanto untuk pemenangan Prabowo menjadi Presiden....mudah terbaca khan. !!!
  • Suwahat Alwi-Senin, 24 Maret 2014 Laporkan
    Rakyat Amerika begitu hormatnya kpd simbul Negara,yaitu Presidenya. Dlm kasus Iran -Contra jelas Ronald Reagen bertanggung -jawab dan bisa saja diimpeacment, tp nyatanya tdk. dan hanya Kolonel Olivert nort yang di adili. begitulah Rakyat AS menghormati simbul negaranya/Presidenya.
  • eddy pangestu-Senin, 24 Maret 2014 Laporkan
    BAMBANG SESAT...
    APA GK BISA CARI PANGGUNG LAIN SELAIN CNTURY YG DIJDIKAN PENTAS...???
    PRILAKU MEMALUKAN...
    BASI... BASI...
  • Rene Diatmiko-Minggu, 23 Maret 2014 Laporkan
    Syukurlah kalau jangkauan pemikirannya sudah sampai disitu, jangan Budiono orang baik jadi korban, suatu saat pasti terungkap, tenang aja, becik ketitik ala ketara, buktikan !
  • kinara ardi-Minggu, 23 Maret 2014 Laporkan
    saya yakin sosok boediono yang begitu santun dlam di acara mata najwa tidak melakukan korupsi, emang bamsoet yang bisanya mempolitisir berita century teruuus, untuk bentuk opini publik, padahal bail out kebijakan century memang perlu diambil
  • januar-Minggu, 23 Maret 2014 Laporkan
    anas dan bamsoet ini sama aja, suka ngambil kepentingan di balik kebijakan century, politisir teruuuus.... kerjanya kok cuma politisir, saat itu memang terjadi crissis, dan kalo century ga diselamarkan akan berdampak sistemik bagi ekonomi indonesia
  • mamet abdul-Minggu, 23 Maret 2014 Laporkan
    bamsoet emang ga punya otak kali ya!!!! coba kalo indonesia terkena krisis seperti tahiun 98, apakah mau bamsoet bertanggung jawab? paling cuma bisa nangis diem trus gantung diri di monas kaya anas
  • Joko Suwiryo-Minggu, 23 Maret 2014 Laporkan
    Bambang soesatyo, kalau benar2 mempermasalahkan century, bamsoet harusnya mengusut Misbakun politisi PKS yang pindah ke Golkar, Perusahaan Misbakun, PT Selalang Prima lah yang membuat bank century terancam bangkrut dgn membuat L/C fiktif, Bamsoet mendingan berantem saja sama Misbakun
  • Joko Suwiryo-Minggu, 23 Maret 2014 Laporkan
    Bambang soesatyo, kalau benar2 mempermasalahkan century, bamsoet harusnya mengusut Misbakun politisi PKS yang pindah ke Golkar, Perusahaan Misbakun, PT Selalang Prima lah yang membuat bank century terancam bangkrut dgn membuat L/C fiktif, Bamsoet mendingan berantem saja sama Misbakun
  • mozartmus-Minggu, 23 Maret 2014 Laporkan
    BARU ERA SBY LAH KITA DIAKUI OLEH LN SBG NEGARA DEMOKRASI KE 3 TERBESAR DIDUNIA SAMPAI KEBABLASAN SEHINGGA ORANG SPT RIZAL RAMLI ,BONI HUGEMAN , ANAS , MEMAKI PRESIDEN SBY DAN CENDERUNG MEMFITNAH , BAHKAN ANGGOTA TERHORMAT SPT ANDA JUGA IKUT IKUTAN SPT FAHRI DAN MENGATAKAN ANDA INI PUNYA KEKEBALAN LYKNYA SPT DIPLOMAT.ANDA CUMA PUNYA KEBAL KRITIK BUKAN FITNAH, BANYAK KASUS YG JAUH MERUGIKAN NEGARA BERKALI LIPAT DARI CENTURI SPTI BLBI YG BERHENTI PD MIRANDA, PENJUALAN GAS,INDOSAT,ERA PRESIDEN DULU.
    BAPAK BUDIONO INI MENURUT PAKAR EKONOMI INDONESIA TERKENAL, KREDIBILITASNYA DAN KOMPETENSINYA DAN RASA CINTANYA TERHADAP INDONESIA DIBANDING DENGAN ANDA ANGGOTA DPR TERHORMAT JAUH SEKALI ,MENGATAKAN BAHWA BAHWA TINDAKAN YG DILAKUKAN BAPAK BUDIONO ADALAH SUATU KEBIJAKAN DAN HASILNYA DIRASAKAN OLEH NEGARA KITA SAAT INI, EKONOMI KITA MASIH BERTAHAN DAN TIDAK TERPURUK SEPERTI NEGARA LAIN DAN TIDAK ADA ASSET NEGARA YANG HILANG DAN TIDAK ADA ADA UANG YG DIKORUSI OLEH BUDIONO TDK SEPERTI ANGGOTA DEWAN HORMAT SEKARANG YANG MORALNYA LEBIH BEJAT DARI BAPAK BUDIONO SPT KASUS KORUPSI, YG SEBENTAR LAGI KITA AKAN MELIHAT ANDA ANDA INI MASUK PENJARA, KASUS VIDEO PORNO YG SAMPE SEKARANG TIDAK ADA KABAR BERITANYA. DAN SEKARANG ANDA SKRG INI MENGAKU LEBIH PINTAR DARI ORANG LAIN.. KASIAN DECH LO.
  • Ratuadil-Minggu, 23 Maret 2014 Laporkan
    Kebanyakan teori konspirasi disebarkan iblis2 di DPR, sebelum mereka jadi pengangguran !
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas