• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 23 Agustus 2014
Tribunnews.com

Rieke Pitaloka: Satinah Bunuh Majikannya karena Terlebih Dulu Disiksa

Senin, 31 Maret 2014 17:32 WIB
Rieke Pitaloka: Satinah Bunuh Majikannya karena Terlebih Dulu Disiksa
/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO
ONENG BAJURI SAMBANGI MARKAS TRIBUN JAKARTA - Oneng Bajuri yang mempunyai nama lengkap Rieke Diah Pitaloka Intan Purnamasari (lahir di Garut, Jawa Barat, 8 Januari 1974), Jumat (4/10/2013) kunjungi Markas Tribun Jakarta. Kedatangan Oneng dan rombongan disambut Kepala Biro Tribun Jakarta Febby Mahendra dan para awak Tribun. Oneng anggota DPR periode 2009-2014 dari PDI-P, yang pernah bertarung dalam Pilgub Jawa Barat 2013 ini menyampaikan seorang TKI yang dianiaya dan dibuang dipadang gurun oleh majikan lewat rekaman BlackBerrynya. (TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Reza Gunadha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kasus Satinah, TKI yang divonis hukuman mati di Arab Saudi karena membunuh majikannya, sempat menimbulkan tanggapan yang berbeda-beda dari masyarakat.

Ada masyarakat, intelektual, maupun politikus yang bersimpati sehingga tergerak mengumpulkan dana untuk membantu menebus nyawa Satinah. TKI asal Unggaran Barat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, itu sendiri bakal dipancung pada 3 April 2014, kalau tak ditebus.

Tapi di lain sisi, ada pula pihak yang mencibir karena menilai pemerintah maupun rakyat Indonesia tak patut membantu menyelamatkan seorang pembunuh.

"Untuk menjernihkan persepsi masyarakat, saya tegaskan, Satinah binti Jumadi Ahmad memang membunuh majikannya. Tapi, harus diketahui, dia membunuh karena sang majikan sendiri selalu menyiksanya. Secara psikologis, setiap orang akan melawan kalau teraniaya," terang Anggota Komisi IX DPR RI Rieke Diah Pitaloka, Senin (31/3/2014).

Rieke mengungkapkan, Satinah membunuh majikannya yang bernama Nurah binti Muhammad Al Gharib untuk membela diri.

Peristiwa itu sendiri, terjadi tahun 2007 silam. Suatu hari dalam bulan Juni 2007, Satinah tengah asyik memasak di dapur rumah majikannya.

Tiba-tiba, kata Rieke, majikan Satinah berteriak memanggil. Ketika Satinah mendekat, majikan menjambak rambut dan hendak membenturkan kepalanya ke tembok.

"Satinah berusaha melawan, dan akhirnya dia meraih adonan roti dan dalam keadaan kesakitan dan panik, ia memukulkan adonan roti ke tengkuk majikan," terangnya.

Majikan Satinah lantas tak sadarkan diri, dan ia membawa majikan ke kamar. Satinah lantas menyerahkan diri ke kantor polisi terdekat.

"Kisah Satinah ini lah yang tak pernah dibuka pemerintah kepada publik, sehingga banyak persepsi salah tentang kasusnya. Karenanya, bagi saya pribadi, nyawa Satinah layak ditebus," tandasnya.

Penulis: Reza Gunadha
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
22 KOMENTAR
3115501 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
  • antoleo-Selasa, 1 April 2014 Laporkan
    Susah apa kalo pengiriman TKI Ke arab Di stop dah tau peraturanya gitu orang arab tu kejam2...mending ke negara2 laen aja pemerintah nya memang brengsekkkkk
  • jeki soleh-Selasa, 1 April 2014 Laporkan
    sekarang satinah..besok siapa lagi ya. .kapan brsnya nih TKI..
  • sadgirl-Selasa, 1 April 2014 Laporkan
    Nasi sdh jadi bubur..kenyataannya Satinah mmg terbukti bersalah.dan setiap tindakan pasti ada konsekwensinya.jd jgn juga melulu salahkan pemerintah.toh,sdg diperjuangkan jg nasib Satinah.lagian knp baru skrg smua teriak2,hrsnya dari awal donk dampingin kasus Satinah.trus urus jg dari skrg nasib tki lainnya yg senasib dg Satinah !jgn sdh deadline baru kelabakan teriak2 lagi !makanya stop pengiriman tki ke arab atau negara lainya !
  • ite triandi-Selasa, 1 April 2014 Laporkan
    boikot pengiriman tki ke timur tengah...... tapi kaykny masih mikir2, krn uang dari devisa yang satu ini sangat besar....!!!!
  • oncom-Selasa, 1 April 2014 Laporkan
    Rieke itu ngebela, bukan cari popularitas... Tanpa itu dia sudah populer
  • tyasyafitrifitri-Selasa, 1 April 2014 Laporkan
    aku heran…knp msh ada kerja sama negra arab??
    udh jls2 hukumnya membrtkn belh pihk(korban),knp msh ada pengirimn ke arab?!
    hukumn mati di arab gk cuma 1/2 tpi bnyk dgn kasus yg berbda....memng kita ini butuh pekerjaan tpi bukn untuk penganiayaan.
    klw saja nebus nyawa untuk1org 21m,sdgkn yg kna hukumn mati bnyk.kalikan saja.sudh berapa uang kita untuk memperkya negra arab?! coba yg tegassss san jgn plin plan mslh hukum.dan jgn cuma mikirin berapa hsil devisanya tpi pikirin juga nsb tki nya.
  • harry-Selasa, 1 April 2014 Laporkan
    saya rasa pemerintah sudah maksimal berbuat,,,yah seharusnya ibu rieke dan kawan-kawan dewannya itu melakukan perjuangannya di parlemen dengan memperkuat undang-undang ketenaga kerjaan yang berpihak ke tenaga kerja termasuk tenaga kerja indonesia di luar negeri,,,jangan asal koar-koar sendiri di media ini namanya pencitraan,,,yah tolong di ingat aja kasus tkw darsem,,,
  • tyasyafitrifitri-Selasa, 1 April 2014 Laporkan
    aku heran…knp msh ada kerja sama negra arab??
    udh jls2 hukumnya membrtkn belh pihk(korban),knp msh ada pengirimn ke arab?!
    hukumn mati di arab gk cuma 1/2 tpi bnyk dgn kasus yg berbda....memng kita ini butuh pekerjaan tpi bukn untuk penganiayaan.
    klw saja nebus nyawa untuk1org 21m,sdgkn yg kna hukumn mati bnyk.kalikan saja.sudh berapa uang kita untuk memperkya negra arab?! coba yg tegassss san jgn plin plan mslh hukum.dan jgn cuma mikirin berapa hsil devisanya tpi pikirin juga nsb tki nya.
  • oziel vila-Selasa, 1 April 2014 Laporkan
    Rieke pitaloka nie salah 1perusak negara bukan pembela rakyat cuma bisa salakan pemerintah selama jd anggota dpr aa yg sudah kamu buat tuk rakyat?? yg ada nikmati gaji besar aja....
  • Drs Muzakir-Selasa, 1 April 2014 Laporkan
    Rike, hanya mencari pepuleritas mbak yang nama pembunuh harus di hukum ga usah dibela ,kok nyalahin pemerintah melulu
  • Ilham Putra-Selasa, 1 April 2014 Laporkan
    orang saudi klau udah umur 70 puluhan jalanya juga udah pake tongkat kadang pake kursi roda,klau cerewet iya,,,,,,cari popularita lu
  • danny hks-Selasa, 1 April 2014 Laporkan
    Rieke pitaloka ini perempuan paling aneh saya lihat..dulu berapa kali surat dilayangkan untuk pemerintah..agar memberikan bantuan hukum untuk satinah..karena satinah disana disidang tampa didampingi pengacara..rieke ini gak ada suaranya..giliran dah sampai ke publik dia berlagak yang terdepan peduli tki..seperti pahlawan kesiangan..
  • Arfan Nasiru-Selasa, 1 April 2014 Laporkan
    RIEKE PITALOKA MEMBELA TKW MEMANG HEBAT, TAPI ANDA AKAN LEBIH HEBAT LAGI JIKA REGULASI PENGIRIMAN TKI/TKW DI HAPUS SAJA. SEBAGAI GANTINYA, KALIAN SEBAGAI ANGGOTA DPR YANG TERHORMAT SEGERA MENGKONDISIKAN NEGERI INI AGAR LAPANGAN KERJA SELALU TERSEDIA, BILAMANA PERLU NEGARA LAIN NYARI KERJA KE INDONESIA. MAU TAHU CARANYA, BERGURU DAN PELAJARI MARTABAT TUJUH DI KERATON KESULTANAN BUTON. SAYA JAMIN !!!!
  • Kenissa-Senin, 31 Maret 2014 Laporkan
    Pada banyak komen tapi gak nyambung kabeh.... cuma emosiiiii dan erosiiii....
  • Arco168-Senin, 31 Maret 2014 Laporkan
    Itu kan versi Satinah , kita harus dengar versi dari kedua belah pihak dong , fair is fair , kalau memang tidak senang dengan kelakuan orang2 Arab disana , yah jangan pergi kesana dong , segala sesuatu ada risiko kok , tapai bagaimanapun juga pidana kriminal pembunuhan telah terjadi... Ingat masih ada 249 TKI lainnya disana yang menunggu hukuman mati disana...
  • Fof Fanggidae-Senin, 31 Maret 2014 Laporkan
    Pemain sinetron bloon jadi politisi ya bloon juga. Galang para anggota dpr yg udah makan uang rakyat, kumpulin duitnya utk satinah. Gak usah belagak spt pengacara, apapun juga dia sudah bunuh majikan, ya hukum hrs ditegakkan
  • yani1801-Senin, 31 Maret 2014 Laporkan
    Halah.. Tetep aja membunuh judulnya.. Pembantu yg berani melawan namanya kurang ajar gak tau diri, kalo gak mau disuruh2 ya jangan jadi pembantu.
  • Mahirah Evergreen-Senin, 31 Maret 2014 Laporkan
    politikus karbitan aji mumpung nga ada wawasan oneng km siapa politik ini bkn bajaj bajuri km bisa salahkan pemerintah dipartai km lebih byk rampok cuihhhh..
  • juliadinilham-Senin, 31 Maret 2014 Laporkan
    serahkan semuanya kpd Allah Azza Wa Jalla,,
  • Hasudungan Pakpahan-Senin, 31 Maret 2014 Laporkan
    Oneng kok sampean nyalahin pemeiontah mulu sih... Emang si Mega bisa merintah???? Cobalah objectif sedikit... jangan xari popularitas dengan cara murahan Neng...
  • Tampilkan lainnya
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas