Tujuh Tahun Pandan College Salurkan 28 Beasiswa Sekolah Dasar

Kini di ulang tahunnya ke-7 Pandan College akan memberikan lagi beasiswa bagi empat orang siswa SD.

Tujuh Tahun Pandan College Salurkan 28 Beasiswa Sekolah Dasar
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Belajar di Jepang sambil berlibur selama Juli 2014 bersama Pandan College. 

Laporan Richard Susilo, Koresponden Tribunnews.com di Tokyo

TRIBUNNEWS.COM,TOKYO - Sejak awal mula, enam bulan setelah beroperasi, sekolah bahasa Jepang Pandan College telah memberikan beasiswa kepada para murid sekolah dasar (SD) di Indonesia. Kini di ulang tahunnya ke-7 Pandan College akan memberikan lagi beasiswa bagi empat orang lagi siswa SD. Sehingga total menjadi 28 murid memperoleh beasiswa selama setahun bagi kelanjutan sekolah mereka.

"Sejak berdiri Pandan College (www.pandan.ac.id) kita memang telah bulat niat untuk membantu para murid SD di Indonesia, karena saat itu menurut data UNESCOo yang kami baca, di Indonesia sekitar 50 juta rakyatnya belum mengecap pendidikan SD. Hati kami sedih bukan main. Negeri tercinta ini masih banyak sekali yang belum bisa mengecap pendidikan dasar sekali pun," papar Made Kusuma Asih, Direktur Pandan College kepada Tribunnews.com, Senin (19/5/2014).

Itulah sebabnya sampai kapan pun selama beroperasi Pandan College, niat bulat tersebut tetap akan dijaga supaya semakin banyak murid SD Indonesia terbantu dengan beasiswa Pandan College.

Uang beasiswa sepenuhnya dari masyarakat Jepang untuk semakin mempererat hubungan Indonesia dan Jepang.

"Namun siapa pun yang berkeinginan untuk membantu kami ya silakan saja tetapi tak ada ikatan apapun tentunya. Uang ini semua dikembalikan kepada para murid SD di Indonesia dan para penerima pun tak ada ikatan apapun terhadap kami," papar Made lebih lanjut yang menjelaskan beasiswa diberikan selama satu tahun dan ditransfer langsung ke rekening bank orangtuanya.

Pandan College yang baru saja berulang tahun ke-7 tanggal 26 April lalu itu, dirayakan bersama semua staf dan pengajarnya dengan sederhana makan bersama dan doa bersama.

Selain beasiswa, sekolah bahasa Jepang ini juga menyelenggarakan study ke Jepang selama satu bulan, di bulan Juli mendatang, belajar bahasa Jepang di Tokyo sambil menikmati langsung berbagai keindahan kota Tokyo dan budaya Jepang, yang akan dipandu langsung oleh Pimpinan Pandan College yang berada di Tokyo. Pendaftaran masih terbuka sampai dengan 22 Mei 2014 dengan telpon ke 0361-255-225 atau akses situsnya di http://jepang.com/juli2014/

Satu lagi yang menarik dari sekolah ini adalah pengiriman murid-muridnya tidak sedikit yang ke sekolah menengah atas (SMA) di Jepang lewat bantuan Pandan College.

"Kita memang spesialis pengiriman murid Indonesia yang mau sekolah sejak kelas satu SMA di Jepang, sehingga lulus SMA di Jepang kami yakin sudah tak ada masalah lagi dengan ujian masuk universitas di sana dan masa depannya kami yakin akan jauh lebih baik apabila dipersiapkan masuk sejak SMA di Jepang. Ini memang rekomendasi kami," lanjutnya.

Selama ini pengiriman murid ke Jepang umumnya ke sekolah bahasa Jepang untuk persiapan memasuki universitas di Jepang. Namun pengiriman SMA ke Jepang dari Indonesia selama ini tampaknya hanya dilakukan Pandan College karena memang memiliki kantor pusat di Tokyo sehingga koordinasi sangat mudah dilakukan serta jaringan maupun reputasinya yang sudah dikenal baik pemerintah Jepang selama ini.

Di hari ulang tahun ke-7 ini Pandan College ingin memperkenalkan Jepang baik bahasa dan budaya serta segala sesuatu mengenai Jepang kepada masyarakat Indonesia. Itulah sebabnya Sabtu 23 Agustus mendatang di Hotel NAM Kemayoran Jakarta Pusat seharian akan dilangsungkan Japan Education Fair (JEFI) yang akan mempertemukan orangtua murid Indonesia dengan berbagai pimpinan sekolah Jepang. Sehingga para orangtua murid dapat lebih dekat lagi mengenal sekolah yang akan dimasuki putra-putrinya di masa depan. Acara ini gratis tidak ada pungutan biaya apapun.

Informasi lengkap mengenai JEFI tersebut dapat dilihat pada situs http://gakko.us/ atau langsung telpon ke 0361-255-225. Diperkirakan sekitar 2.000 orang akan hadir di sana karena ini event yang ke-11 kali dilakukan dan selama ini sedikitnya 2.000 orang hadir di sana, menjadikannya sebagai ajang reuni para pencinta Jepang bagi masyarakat Indonesia. Kumpul-kumpul apalagi tak dipungut biaya apapun dan berbagai acara budaya Jepang akan muncul seperti Cosplay, Origami, Taiko, dan sebagainya.

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help