Pemilu 2014

Popong Odje, Anggota DPR Tertua Tak Punya Persiapan Khusus Pimpin Sidang

Popong Otje Djundjunan merupakan anggota DPR RI tertua. Ia akan menjadi pimpinan sidang perdana anggota DPR RI periode 2014-2019.

Popong Odje, Anggota DPR Tertua Tak Punya Persiapan Khusus Pimpin Sidang
Tribunnews.com/Adi Suhendi
Popong Otje Djundjunan 

Laporan wartawan tribunnews.com, Adi Suhendi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA-- Popong Otje Djundjunan merupakan anggota DPR RI tertua. Ia akan menjadi pimpinan sidang perdana anggota DPR RI periode 2014-2019.

Popong dengan mengenakan kebaya merah ati dengan sanggul besar tampak berjalan dari ruang fraksi menuju ruang sidang utama tempat berlangsungnya pelantikan anggota DPR RI.

Meskipun usianya sudah 76 tahun, tampak dirinya masih segar bugar, ia berjalan tanpa dikawal siapa pun. Perempuan kelahiran Bandung 30 Desember 1938 tersebut pun sebelum masuk ruang sidang masih sempat bertegur sapa dengan anggota DPR RI senior lainnya Martin Hutabarat. Ia terlihat tertawa disela perbincangannya dengan rekannya di Parlemen. "Sekarang jadi anggota DPR tertua," ucap Popong, Rabu (1/10/2014).

Kemudian wartawan mencoba berbincang dengan dirinya. Senyum ramahnya pun menyambut "Mau tanya apa, mau tanya apa," ujarnya pada wartawan.

Kepada wartawan, ia mengaku tidak memiliki persiapan khusus untuk meminpin sidang. Ia mengaku sudah biasa bersidang karena sejak SD dirinya sudah biasa berorganisasi. Bukan hanya itu, Popong pun ternyata sudah lima periode menjadi anggota DPR RI "Tiga periode di masa orde baru, kemudian 10 tahun tidak jadi anggota DPR lagi, lalu 2009 terpilih lagi menjadi anggota DPR dan sekarang terpilih lagi," ungkapnya.

Usia boleh tua, semangatnya tetap muda. Ia mengaku diberi tahu harus memimpin sidang perdana DPR RI, Selasa (30/9/2014) sore. Tidak menjadi persoalan baginya soalnya hal tersebut sudah menjadi hal yang biasa.

"Tidak ada persiapan apa-apa, kan sudah biasa saya memimpin sidang," ungkapnya.

Dikatakannya, semua sudah ada aturannya, sehingga saat dirinya memimpin persidangan tinggal membaca aturan tata tertibnya. Pengalaman sudah membentuknya, bila ada perdebatan dalam sidang tentunya bukan sesuatu yang harus ditakuti pada saat memimpin sidang.

Secara fisik, Popong pun tidak memiliki persiapan. Ia mengaku masih sangat prima untuk memimpin sebuah persidangan. Hal tersebut terlihat, meskipun sudah lanjut, terlihat Popong tidak mengenakan kaca saat berjalan.

"Tidak ada perisiapan khusus, saya kan sehat. Jadi biasa saja," ujar Popong.

Tags
DPR RI
Penulis: Adi Suhendi
Editor: Gusti Sawabi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved