Pemilu 2014

Kamis Siang Pemilihan Ketua DPD RI

Pemilihan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) akan digelar pada Kamis (2/10/2014) siang ini, di Gedung Nusantara V, Kompleks Gedung Parlemen, Jakarta.

Kamis Siang Pemilihan Ketua DPD RI
HO/Komunitas Pemilih Dua
Gede Pasek Suardika menandatangani dukungan Komunitas Pemilih Dua di Hotel Inna Veteran. 

Tribunnews.com, Jakarta - Pemilihan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) akan digelar pada Kamis (2/10/2014) siang ini, di Gedung Nusantara V, Kompleks Gedung Parlemen, Jakarta. Sedianya, pemilihan digelar pada Rabu (1/10/2014) malam, akan tetapi ditunda karena katerbatasan waktu.

"Semalam tidak bisa dilakukan pemilihan karena waktunya molor, ada pembuatan jadwal dan beberapa anggota mengusulkan agar tata tertibnya diubah," kata anggota DPD Gede Pasek Suardika, saat dihubungi, Kamis pagi.

Pasek menjelaskan, sesuai jadwal, pemilihan Ketua DPD digelar mulai pukul 14.00 WIB. Beberapa anggota DPD telah mendeklarasikan diri untuk bertarung merebut DPD-1. Ada yang mendeklarasikan diri sendiri, ada pula yang maju karena mendapatkan dukungan dari anggota DPD lainnya. Pasek menyebutkan, anggota DPD yang mendeklarasikan diri sebagai calon ketua  adalah Irman Gusman, Usman Sapta, dan GKR Hemas. Sementara, Pasek yang juga akan maju sebagai calon ketua, mengaku, mendapatkan dukungan dari anggota lain.

"Kalau saya tidak deklarasi, tapi didukung teman-teman. Kita lihat nanti, yang pasti calonnya harus merupakan perwakilan dari masing-masing wilayah," ujarnya.

Secara terpisah, Irman Gusman mengatakan bahwa sidang paripurna DPD telah menyepakati tata cara pemilihan ketua DPD periode 2014-2019. Tata cara pemilihannya menggunakan peraturan DPD yang lama, yakni nomor 1 Tahun 2014 tentang Tata Tertib (Tatib) di mana pemilihan ketua dilakukan dengan tiga prinsip. Ketiga prinsip itu adalah harus mencerminkan keterwakilan wilayah, mendahulukan musyawarah untuk mufakat dan memperhatikan keterwakilan perempuan.

"Anggota yang mendaftarakan diri sebagai bakal calon pimpinan DPD paling sedikit didukung lima orang anggota yang berasal dari tiga provinsi dari wilayah yang sama dengan bakal calon pimpinan DPD," kata Irman.

Editor: Gusti Sawabi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved