Ibadah Haji 2014

Dapat 'Panggilan Istana', AM Fachir Batal ke Makkah

Informasi yang diperoleh Tribun, awalnya Minggu pagi, Fachir sudah bersiap check in di Bandara Riyadh untuk terbang ke Jeddah

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Kholish Chered

TRIBUNNEWS.COM, MAKKAH -- Duta Besar Republik Indonesia  untuk Arab Saudi, Abdurrahman Mohammad Fachir, secara mendadak batal hadir di kegiatan pelepasan tahap akhir jamaah haji Indonesia gelombang kedua dari Makkah ke Madinah, Minggu (26/10/2014) waktu Arab Saudi.

Fachir sedianya melepas jamaah embarkasi Bekasi (kloter JKS-80) di pemondokan C7 kawasan Aziziyah-Syimaliyah, Makkah. Informasi yang diperoleh Tribun, awalnya Minggu pagi, Fachir sudah bersiap check in di Bandara Riyadh untuk terbang ke Jeddah lalu melanjutkan perjalanan darat ke Makkah. Namun ia membatalkan penerbangan karena mendapat panggilan ke Indonesia.

Saat salah satu awak Media Center Haji (MCH) mengkonfirmasi, Fachir mengatakan batal ke Makkah, dan sudah berada di dalam pesawat. "Ini sudah mau take off," katanya. Ia pun membenarkan bahwa keberangkatannya ke Indonesia karena mendapat panggilan dari istana.

Kepala Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daerah Kerja Makkah, Endang Jumali, membenarkan bahwa AM Fachir berhalangan hadir. "Beliau dapat panggilan mendadak ke Indonesia," kata Endang, Minggu (26/10/2014) sore.

Santer beredar kabar Fachir akan dilantik sebagai Wakil Menteri Luar Negeri RI. Fachir mulai menjabat Dubes RI di Saudi Arabia sekitar enam bulan yang lalu. Sebelumnya ia pernah menjadi Dubes RI di Mesir dan penerjemah untuk Presiden Megawati Soekarnoputri.

Editor: Hendra Gunawan
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved