Tujuan Dibentuknya Pom Mabes TNI Demi Transparansi Kasus

Lebih lanjut dirinya menambahkan, adanya Pom tersebut tidak akan tumpang tindih dengan Pom satuan masing-masing.

Tujuan Dibentuknya Pom Mabes TNI Demi Transparansi Kasus
Tribunnews/Herudin
Depan dari kiri, Kepala Pusat Penerangan TNI, Mayjen TNI Fuad Basya, Ketua Tim Investigasi Gabungan TNI-Polri Pasuspom TNI, Mayjen TNI Maliki Mift, dan Wakil Ketua Tim Investigasi, Brigjen Pol Fahrizal saat menggelar konferensi pers hasil investigasi bentrokan TNI dan Polri di Batam, di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta Pusat, Selasa (14/10/2014). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Buntut dari munculnya sejumlah perkara yang melibatkan prajurit TNI, dan seringkali menguap dan tertutup saat ditangani oleh Polisi Militer (Pom) menjadi salah satu latar belakang Mabes TNI membentuk Pom TNI.

"Ya tidak menutup kemungkinan, kita bahkan akan lakukan penyidikan daripada ditangani Pom setempat," kata Komandan Pom TNI, Mayjen Maliki Mift di Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (5/5/2015).

Lebih lanjut dirinya menambahkan, adanya Pom tersebut tidak akan tumpang tindih dengan Pom satuan masing-masing.

Lebih lanjut Maliki mengaku memiliki kewenangan dalam menciptakan penyeragaman, mekanisme kerja, serta petunjuk teknis Pom pada setiap angkatan.

"Kita yang ciptakan teknis penyeragaman, mekanisme kerja di masing-masing Pom angkatan," katanya.

Maliki menambahkan, garis komando selama ini, Panglima TNI harus memerintahkan ke Kepala Staf sebelum memeriksa prajuritnya yang bertindak indisipliner. Namun, dengan adanya Pom TNI, koordinasi dapat dilakukan tanpa melalui kepala staf angkatan.

"Jadi lebih efektif, misal operasi gaktib, Panglima TNI cukup perintahakan Pom Mabes, jadi petunjuk teknis bisa langsung," katanya.

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved