Indo Pet Expo 2015, Pameran Hewan Kesayangan Pertama dan Terbesar Digelar September

Semuanya akan dipertemukan di satu lokasi, Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD Serpong.

Indo Pet Expo 2015, Pameran Hewan Kesayangan Pertama dan Terbesar Digelar September
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Minggu kedua September nanti Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) akan menorehkan sejarah di Indonesia dengan mengadakan Indo Pet Expo 2015.

Kegiatan yang dimulai tanggal 11 dan akan berlangsung 3 hari ini adalah pameran pertama dan terbesar, mengenai dunia hewan kesayangan serta semua pelaku yang berkiprah dalam industri terkait.

Pengunjung akan dipertemukan dengan berbagai pihak, mulai dari komunitas pencinta hewan, dokter hewan, klinik dan rumah sakit hewan, petshop dan salon hewan, serta para penyedia pakan dan obat-obat hewan. Semuanya akan dipertemukan di satu lokasi, Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD Serpong.

Selama ini banyak pameran bertema hewan kesayangan namun biasanya hanya mengenai satu jenis hewan saja. Kali ini PDHI akan mewujudkan dunia pet animals secara menyeluruh, yang dilakukan secara serius dan besar-besaran serta melibatkan industri pendukungnya.

“Misi utama kami sebenarnya adalah mengedukasi masyarakat. Kita mengetahui banyak orang sudah terbiasa hidup bersama dengan hewan kesayangan di rumah, namun ada banyak hal terkait cara memelihara dan aspek kesehatan yang harus dipahami agar kita merasa nyaman dengan keberadaan hewan disekitar kita,” ujar Dr. Drh Heru Setijanto PAVet (K), Ketua Umum PDHI periode 2014 – 2018.

Publik sepertinya lebih mengenal dog show atau cat show. Kucing atau anjing yang dibawa ke salon, didandani serta kadang sampai diberi pakaian lalu diperlombakan. Ternyata hal itu tidak sepenuhnya benar menurut prinsip animal welfare atau kesejahteraan hewan (kesrawan).

“Kali ini kami ingin mengadakan dengan cara yang benar, kita manusia sering memperlakukan hewan secara berlebihan yang belum tentu disukai hewan. Diberi baju dan memperlakukan hewan seperti manusia, anthropomorphism, akan membuat hewan tidak nyaman” ujar dosen Fak. Kedokteran Hewan IPB ini.

Penulis: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help