Menteri PU-Pera Targetkan Sudetan Ciliwung Beroperasi Agustus 2015

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) Basuki Hadimuljono menargetkan Sudetan CIliwung dapat beroperasi pada Agustus 2015.

Menteri PU-Pera Targetkan Sudetan Ciliwung Beroperasi Agustus 2015
WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Warga melintasi sungai Ciliwung menggunakan perahu eret atau getek di Kawasan Kampung Melayu, Jakarta Timur, Jumat (24/7/2015). Perahu eret masih menjadi alat transportasi warga sebagai sarana jalan pintas dari Kampung Melayu menuju Bukit Duri, Jakarta Selatan. Warta Kota/angga bhagya nugraha 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) Basuki Hadimuljono menargetkan Sudetan CIliwung dapat beroperasi pada Agustus 2015.

Basuki menjelaskan pipa pertama sudah 600 meter dan pipa kedua sudah mencapai 145 meter, sehingga akhir September nanti sudah bisa tembus ke jalan Otto Iskandar Dinata.

"Kami bikin schedule lagi apabilaakhir Agustus 2015 pembebasan lahan di lokasi inlet (BidaraCina) bisa selesai maka bisa kita kerjakan dari inlet ketengah sepanjang 600 meter juga, mudah-mudahan bisa kita selesaikan finalnya Agustus 2016,” ujar Menteri Basuki, Selasa (28/7/2015).

Diketahui bahwasaat ini tanah di lokasi Inlet merupakan tanah milik Negara, namun Basuki mengatakan bahwa pihaknya tidak bisa dengan sewenang-wenang untuk menggusur masyarakat yang mendiami lokasi tersebut.

Basuki juga mengatakan bahwa Surat Perintah (SP) 1 untuk segera pindah dari lokasi tersebut sudah dilayangkan oleh Pemerintah DKI Jakarta dan selanjutnya SP 2 minggu ini dan SP 3 mulai dilakukan pembersihan.

“Karena warga ada di tanah Negara, jadi tanahnya sendiri statusnya tanah Negar atapi kita tidak sewenang-wenang menggusur tentu dengan dialog dan kerohiman untuk warga supayabisa pindah,” jelas Basuki.

Menteri Basuki mengatakan, pembebasan lahan ini diperlukan sebagai lokasi pekerjaan proyek intuk memasukkan batangan-batangan pipa yang menjadi struktur konstruksi utama terowongan raksasa ini.

Disebutkan ada 3 titik lokasi yang menjadi lokasi pekerjaan yaitu di Kebon Nanas, Cipinang, JakartaTimur yang terletak di sisi Outlet atau tempat keluarnya air menuju Kalimalang.

Lalu Jalan Otista 3 yang menjadi lokasi pertengahan, dan Bidara China yang menjadi tempat masuknya air atau Inlet yang beradadi sisi Sungai Ciliwung.

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Sugiyarto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help