Pilkada Serentak

KPU Masih Gagap Siapkan Pilkada Serentak

Senator DKI Jakarta Abdul Azis Khafia menilai Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih belum maksimal

KPU Masih Gagap Siapkan Pilkada Serentak
Ferdinand Waskita/Tribunnews.com
(kiri-kanan) Abdul Azis Khaifa, Imran Putra Sidin, Jerry Sumampouw 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Senator DKI Jakarta Abdul Azis Khafia menilai Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih belum maksimal dalam menggelar pilkada serentak. Ia mencontohkan permasalahan tujuh daerah yang memiliki calon tunggal.

"Saya melihat banyak beberapa yang mengalami semacam gagap gitu ya, dengan berbagai macam hal baik dari penyelenggaranya, dalam hal ini KPU saya melihat KPU juga masih sedikit gagap menyikapi pilkada serentak ini, ditambah lagi dengan kesiapan dari masing-masing kontestan," ujar Abdul dalam Dialog Kenegaraan 'Polemik Pilkada Serentak' di Komple‎ks Parlemen, Jakarta, Rabu (5/8/2015).

Hal itu pun menjadi perdebatan apakah harus diterbitkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu) atau tidak. Selain itu, Abdul juga melihat pilkada serentak terhambat dengan adanya kepengurusan ganda di partai politik.

Ia menilai munculnya calon tunggal merupakan bentuk kegagalan partai politik. Kegagalan itu terkait dengan kaderisasi partai politik di tingkat daerah.

"Ketika ini digulirkan mereka sedikit kaget sehingga ini dampak salah satunya, ditambah lagi dengan ketidaksiapan dari berbagai macam pihak sehingga menurut saya memang agak terkesan dipaksakan dengan pilkada serentak ini semangatnya harus serentak, tapi di satu sisi kesiapannya masih banyak kekurangannya," ujarnya.

Ia pun meminta pemerintah antisipatif dengan berbagai persoalan di Pilkada. Sehingga masyarakat tidak melihat pemerintah layaknya pemadam kebakaran.

"ketika ada kasus baru diadakan koordinasi. Ketika ada hal terjadi ini baru disiapkan segala sesuatunya, jadi sangat tidak antisipatif sekali terhadap dinamika yang ada," katanya.

Penulis: Ferdinand Waskita
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help