Tahun Depan 24 Provinsi jadi Tujuan Transmigrasi

Berbagai program pun dijalankan pemerintah Jokowi-JK, salah satunya dengan memaksimalkan transmigrasi.

Tahun Depan  24 Provinsi jadi Tujuan Transmigrasi
citizenimages.kompas.com
Kawasan transmigrasi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -Kemiskinan dan pengangguran menjadi problem akut yang harus segera diatasi. Berbagai program pun dijalankan pemerintah Jokowi-JK, salah satunya dengan memaksimalkan transmigrasi.

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Menteri Desa PDTT) Marwan Jafar mengatakan, transmigrasi memang sudah terbukti mampu menjadi solusi bagi masalah kemiskinan.

Juga pengangguran, serta permukinan (sandang, pangan, dan papan) yang menjadi kebutuhan inti bagi kehidupan masyarakat.

"Kontribusi transmigrasi dalam mengentaskan kemiskinan, membuka lapangan pekerjaan, dan membangun peradaban baru yang lebih maju bukan sekedar wacana atau teori. Ini sudah terbukti nyata sehingga harus terus dikembangkan," ujar Menteri Marwan, Rabu (9/12/2015).

Dijelaskan, trasmigrasi secara kongkrit telah membangun 3.608 satuan permukiman (SP) yang berkembang menjadi pusat-pusat pertumbuhan baru.

Berupa 1.183 desa definitif, melahirkan 385 ibu kota kecamatan, 104 mendukung terbentuknya ibu kota kabupaten, serta dua ibu kota provinsi.

Secara faktual, lanjut Menteri Marwan, transmigrasi mampu mengembangkan pusat-pusat pertumbuhan baru yang mendorong aktifitas sosial ekonomi, dan telah menyerap tenaga kerja hingga 4 juta HOK (Hari Orang Kerja), sehingga dapat mengentaskan kemiskinan.

"Dari program transmigrasi, sudah terbentuk 10.368 wirausaha transmigrasi mandiri yang tergabung dalam 22 Himpunan Wirausaha Transmigrasi (HW-Trans), serta berkembangnya lembaga-lembaga sosial ekonomi dapat lebih mempercepat kesejahteraan masyarakat," jelasnya.

Dengan mengembangkan transmigrasi, lanjut Menteri Marwan, problem social seperti kehidupan kumuh di kota-kota besar akan bisa diatasi. Laju urbanisasi bisa ditekan dan keinginan masyarakat untuk bekerja menjadi TKI ke luar negeri juga berkurang.

Dari sisi infrastruktur, transmigrasi juga secara kongkrit mendorong pembangunan infrastruktur permukiman dan kawasan berupa jalan poros penghubung sepanjang 18.432 km.

Halaman
12
Editor: Rachmat Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved