Arab Saudi Akan Cetak Visa Haji Dengan Kertas Biasa

“Mulai musim haji tahun ini, visa haji yang semula berbentuk stiker akan diubah menjadi visa yang berbentuk kertas biasa berukuran A4. Sosialisasinya

Arab Saudi Akan Cetak Visa Haji Dengan Kertas Biasa
SERAMBI Banda Aceh/BUDI FATRIA
jemaah haji

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Petugas haji dari Arab Saudi akan didatangkan untuk melakukan bimbingan dan uji coba layanan visa online sebagai antisipasi agar keterlambatan pembuatan visa haji tidak terulang.

"Mereka datang untuk menguji coba prosedur aplikasi visa," kata Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Abdul Djamil dalam siaran pers yang diterima wartawan, Selasa (31/05/2016).

Langkah tersebut untuk mencegah terjadinya permasalah visa seperti musim haji tahun lalu.

Menurut Djamil, persentase paspor jemaah sudah terkumpul telah mencapai lebih 80 persen.

Dia mengatakan, visa untuk jemaah yang berangkat lebih awal akan diurus terlebih dahulu dari jemaah yang berangkat belakangan.

2015 lalu, Indonesia menjadi pilot project e-hajj, sistem informasi haji dan umrah yang terintegrasi dengan sejumlah negara lain.

Penerapan sistem e-hajj ketika itu belum sepenuhnya mulus yang berakibat lambatnya penyelesaian sebagian visa haji jemaah Indonesia.

Untuk kelancaran proses visa haji Kemenag juga melakukan rapat koordinasi Selasa (31/05/2016) bersama Kedutaan Besar Saudi Arabia, Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkum HAM, maskapai penerbangan haji dan Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU).

Tidak putus disitu saja, Kamis (2/06/2016) Abdul Djamil beserta jarannya menghadiri acara sosialisasi penerapan elektronik visa haji dan perubahan format penerbitan visa haji dari stiker menjadi kertas biasa berukuran A4.

“Mulai musim haji tahun ini, visa haji yang semula berbentuk stiker akan diubah menjadi visa yang berbentuk kertas biasa berukuran A4. Sosialisasinya hari ini di Kedutaan Besar Kerajaan Arab Saudi di Jakarta,” kata Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis.

Halaman
12
Penulis: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved