Calon Kapolri

Komjen Tito Karnavian Dianggap Figur Netral

Politikus Partai Golkar Agus Gumiwang memuji keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajukan nama Komjen Pol Tito Karnavian sebagai calon Kapolri k

Komjen Tito Karnavian Dianggap Figur Netral
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Komjen Pol Tito Karnavian mengucapkan sumpah jabatan saat pelantikan sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (16/3/2016). Tito dilantik menjadi Kepala BNPT menggantikan Komjen Pol Saud Usman Nasution. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Politikus Partai Golkar Agus Gumiwang memuji keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajukan nama Komjen Pol Tito Karnavian sebagai calon Kapolri kepada DPR.

"Saya yakin bahwa Pak Tito adalah seorang figur yang cakap dan mampu, memiliki segala syarat dan kriteria untuk memimpin Kepolisian RI," ujar anggota DPR RI ini kepada Tribun, Rabu (15/6/2016).

Agus mengaku bisa memahami Presiden menunjuk Tito untuk pemimpin Polri.

Memang kata dia, kita sadar bahwa Tito dianggap masih terlalu muda dan banyak generasi diatasnya yang terlangkahi diantaranya ulusan Akpol 1982, 1983, 1984,1985 dan 1986.

"Tapi bisa jadi justru itulah salah satu alasan Presiden memilih Pak Tito," katanya.

Karena relatif jauh lebih muda, imbuhnya, maka Tito adalah figur yang netral ditengah-tengah tarik menarik kepentingan yang ada.

"Karena baru kelihatan dan dimunculkan setahun terakhir. Beliau figur yang relatif bebas konflik (internal) dan mungkin ini yang menjadi salah satu alasan Presiden memilihnya," katanya.

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved