Penampakan 2 Kapal Perusak Jepang yang Sedang Merapat di Jakarta

Kapal ini merupakan kapal perang perusak kelas JS Murasame. Dilengkapi berbagai persenjataan, peralatan sensor, serta membawa satu helikopter Seahawk.

Penampakan 2 Kapal Perusak Jepang yang Sedang Merapat di Jakarta
Angkasa
Kapal perusak milik Jepang. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Senin pagi (22/8/2016) dua sosok kapal perang perusak (destroyer) Jepang merapat di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Keduanya adalah kapal perang JS Yuudachi (DD-103) dan JS Yuugiri (DD-153) milik Angkatan Laut Bela Diri Jepang.

Kedua kapal singgah usai berlayar dari Somalia dalam misi antiperompakan. Rencananya kedua kapal akan berada di Jakarta selama tiga hari.


Penyambutan dua kapal perang Jepang di Tanjung Priok. sumber gambar: Valian Danendra

Kegiatan yang direncanakan selama berada di Jakarta antara lain kunjungan resmi awak kapal kepada Pangarmabar, Kabakamla, Asops KSAL, dan upacara ziarah ke Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Kalibata.

Tidak ketinggalan pula dibuka kesempatan kunjungan ke kapal tersebut (open ship) bagi warga negara Jepang di Jakarta.


Helikopter Seahawk yang dibawa. Sumber gambar: Valian Danendra

Di Tanjung Priok, Komandan Gugus Tugas, Captain (Navy) Takashi Inoue yang sehari-hari menjabat sebagai Commander Escort Division Seven JMSDF, disambut oleh Asisten Operasi (Asops) Danlantamal III Letkol Laut (P) Teddie Bernard Hernawan, S.E.

Disebutkan, kunjungan kedua kapal perang Angkatan Laut Bela Diri Jepang tersebut untuk meningkatkan hubungan persahabatan dan mempererat kerja sama dengan TNI Angkatan Laut.

JS Yuudachi (DD-103) memiliki panjang 151,1 meter, lebar 17,4 meter, dan bobot 6.100 ton.

Kapal ini merupakan kapal perang perusak kelas JS Murasame. Kapal mampu dikebut hingga kecepatan maksimal 33 knot dan dilengkapi berbagai persenjataan, peralatan sensor, serta membawa satu helikopter Seahawk.

Senjata utamanya adalah rudal antikapal lokal buatan jepang yaitu SSM-1B alias Type 90. Rudal ini memiliki kinerja mirip seperti rudalHarpoon buatan Amerika Serikat.

Sedangkan JS Yuugiri (DD-153) yang berbobot 3.500 ton merupakan kapal perang kelas JSAsagiri (DDG) dengan panjang 137 meter dan lebar 14,5 meter.

Kapal ini memiliki kecepatan maksimal 30 knot dengan dilengkapi berbagai persenjataan, sensor, serta membawa satu helikopter Seahawk.

Rudal yang melengkapi kapal ini adalah rudal antikapal Harpoon dan rudal permukaan ke udara Sea Sparrow.

Editor: Malvyandie Haryadi
Sumber: Angkasa
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved