Jika Lolos Jadi Kepala BIN, Status Budi Gunawan Tetap Jenderal Aktif

Presiden Joko Widodo menunjuk Wakapolri Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Kepala Badan Intelijen Nasional (BIN) baru menggantikan Sutiyoso.

Jika Lolos Jadi Kepala BIN, Status Budi Gunawan Tetap Jenderal Aktif
TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/LENDY RAMADHAN
Wakapolri, Komjen. Pol. Budi Gunawan dalam acara silaturahmi Polri bersama keluarga korban teror Thamrin di Mabes Polri, Jl. Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (22/1/2016). TRIBUNNEWS.COM/LENDY RAMADHAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Theresia Felisiani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menunjuk Wakapolri Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Kepala Badan Intelijen Nasional (BIN) baru menggantikan Sutiyoso.

Hari ini Rabu (7/9/2016), jenderal bintang tiga ini dijadwalkan menjalani uji kelayakan dan kepatutan di DPR RI yang digelar secara tertutup.

Karo Penmas Mabes Polri, Brigjen Agus Rianto mengatakan jika nantinya Budi Gunawan lolos dan resmi menjabat sebagai Kepala BIN, maka status Budi Gunawan masih jenderal aktif.

"Beliau tetap jenderal aktif, sampai dengan masa pensiunnya tahun depan," kata Agus.

Menurut Agus, naik atau tidaknya pangkat Budi Gunawan tergantung keputusan dari Presiden Jokowi. Jika dinilai Jokowi penting, kemungkinan pangkat Budi Gunawan naik menjadi jenderal bintang empat.

Dengan dinaikkannya pangkat Budi Gunawan menjadi bintang empat, maka di institusi Polri ada dua jenderal bintang empat yakni Kapolri Tito Karnavian dan Budi Gunawan, sebagai Kepala BIN. Ini adalah sejarah dalam kepolisian, ada dua bintang empat di institusinya.

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help