Menteri Sofyan Djalil Siap Berantas Mafia Tanah

Sofyan Djalil mengakui masih ada pejabat di Badan Pertanahan Nasional (BPN) yang memalsukan sertifikat tanah.

Menteri Sofyan Djalil Siap Berantas Mafia Tanah
Tribunnews.com/Eri Komar Sinaga
Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil mengakui masih ada pejabat di Badan Pertanahan Nasional (BPN) yang memalsukan sertifikat tanah.

"Kalau pejabat BPN mungkin satu, dua orang ada tapi sistem kita cukup ketat kita akan jaga lagi supaya jangan ada oknum yang merusak semua sistem yang sudah dikerjakan," kata Sofyan di KPK, Jakarta, Jumat (23/9/2016).

Namun, Sofyan mengatakan pemalsuan sertifikat tanah tidak hanya terjadi di lingkungan BPN. Kata dia, pemalsuan sertifikat tanah sudah menjadi mafia dan ada dimana-mana.

"Kita akan fokus masalah mafia tanah ini. Mungkin ada oknum tapi itu sudah dihukum tapi saya cukup bangga kualitas orang-orangnya BPN sudah cukup bagus cuma perlu kita tegakkan kembali disiplin dan SOP," kata dia.

Sofyan mengatakan sertifikasi tanah di Indonesia memang sedang bermasalah. Dia mengungkapkan tanah di Indonesia hanya setengah saja yang sudah bersertifikat.

Untuk itu, Sofyan menggandeng Komisi Pemberantasan Korupsi dalam proses sertifikasi tersebut sehigga seluruh tanah di Indonesia sudah punya sertifikat pada tahun 2025.

"Kita ingin percepat sertifikasi. Harapan mudah-mudahan tahun 2025 seluruh tanah di Indonesia sudah terdaftar dan punya nomor induk bidangnya sehingga dengan demikian konflik tanah dihindari," kata mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia itu.

Penulis: Eri Komar Sinaga
Editor: Sanusi
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2016
About Us
Help