Newsmaker 2016

Jurus Kepret Rizal Ramli yang Tak Pernah Berubah

Jurus kepret itulah yang kerap dipakai Rizal Ramli untuk menggebuk musuh-musuhnya tatkala ia masih berada di kabinet Presiden Jokowi

Jurus Kepret Rizal Ramli yang Tak Pernah Berubah
ISTIMEWA
Tokoh Nasional Rizal Ramli 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tahun 2016 telah berlalu. Selama kurun waktu sekitar 365 hari tersebut, beberapa orang kerap menghiasi media baik cetak, televisi maupun online.

Mereka menjadi newsmaker 2016. Baik itu melaui pernyataannya yang mengundang kontroversi, sikap dan tindak tanduknya yang mengundang dukungan maupun kecaman, sampai ke para tokoh yang menjadi panutan.

Tribun berusaha menampilkan beberapa sosok yang menjadi Newsmaker 2016 dalam beberapa seri tulisan. Satu di antaranya adalah Rizal Ramli.

Mendengar nama Rizal Ramli, sekilas orang akan langsung teringat kata jurus kepret yang sempat membahana.

Jurus kepret itulah yang kerap dipakai Rizal Ramli untuk menggebuk musuh-musuhnya tatkala ia masih dipercaya Presiden Jokowi menjabat Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Sumer Daya Alam (SDA).

Rizal yang pernah menjadi menteri di era Gus Dur, mendapatkan kepercayaan dari Presiden Joko Widodo masuk dalam jajaran kabinetnya pada Agustus 2015. Tapi, secara mengejutkan, pada Juli 2016 Rizal Ramli diberhentikan dari jabatan oleh Jokowi.

Meski terbilang singkat, keberadaan Rizal Ramli di Kabinet Kerja penuh gebrakan. Karena itu, gesekan sampai ketegangan antar penyelenggara negara tak terhindarkan.

Mulai silang pendapat dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla terkait proyek pembangkit listrik 35 ribu mega Watt.

Kemudian tidak satu pemahaman dengan mantan Menteri ESDM Sudirman Said tentang perpanjangan kontrak karya PT Freeport Indonesia, sampai ketegangan dengan Basuki Tjahaja Purnama soal reklamasi Teluk Jakarta.

Lepas dari jabatan menteri, Rizal tidak berhenti begitu saja di dunia politik. Pada Agustus sampai September 2016, dia sempat mencoba ikut dalam bursa pencalonan Gubernur DKI Jakarta.

Halaman
123
Penulis: Valdy Arief
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help