Mengenal Mantan Gubernur Lampung yang Kini Jadi Dubes RI untuk Kroasia

Sjahroedin Zainal Pagaralam dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) untuk Kroasia

Mengenal Mantan Gubernur Lampung yang Kini Jadi Dubes RI untuk Kroasia
TRIBUN LAMPUNG/Bayu Saputra
Sjachroedin Zainal Pagaralam 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komjen Pol (Purn) Sjachroedin Zainal Pagaralam dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) untuk Kroasia, berkedudukan di KBRI Zagreb.

Jokowi melantik mantan Gubernur Lampung itu bersama 16 orang lainnya di Istana Negara, Jakarta, Senin (13/3/2017).

Pria kelahiran Tanjung Karang, Lampung, 7 Februari 1947 lalu itu tercatat pernah menjabat Gubernur Lampung periode 2003-2008 dan 2009-2014.

'Oedin', demikian sapaannya, memiliki karakter yang sama seperti sosok ayahnya, Zainal Abidin Pagaralam yang juga tokoh pendiri dan Gubernur Lampung ke-2.

Mengutip Wikipedia, Pendidikan tinggi ia selesaikan di Akabri Kepolisian 1970, PTIK (Angkatan XIII), Sespim, Sesko ABRI Angkatan VIII, Lemhannas KSA VII, Kursus Lantas di Jepang, dan Kursus Intelejen di Taiwan.

Terkait riwayat jabatan, ia pernah menjabat Kapolda Sumatera Selatan (2000), Kapolda Jawa Barat (2001), Deputi Kapolri Bidang Operasional (2002).

Ia pernah juga menjabat sederet tugas diantaranya sebagai Kasat Lantas Polda Sumatera Bagian Selatan, Kapoltabes Palembang, Direktur Samapta Polda Metro Jaya, Kapolwil Bogor dan Direktur Samapta Polri.

Mantan Gubernur Lampung yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Lampung, sempat digadang-gadang masuk dalam kandidat calon menteri untuk kabinet Joko Widodo dan Jusuf Kalla.

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved