Pembuatan Paspor

Mulai Hari Ini Pemohon Paspor Tidak Harus Punya Saldo Minimal Rp 25 Juta Tapi

Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), akhirnya membatalkan syarat tabungan minimal Rp 25 juta, bagi pemohon paspor baru.

Mulai Hari Ini Pemohon Paspor Tidak Harus Punya Saldo Minimal Rp 25 Juta Tapi
internet
paspor 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nurmulia Rekso Purnomo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA  - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), akhirnya membatalkan syarat tabungan minimal Rp 25 juta, bagi pemohon paspor baru yang hendak berwisata ke luar negeri.

Kepala Bagian Humas dan Umum Ditjen Imigrasi, Kemenkumham, Agung Sampurno, dalam konfrensi pers di kantor Kemenkumham, Jakarta Pusat, Senin (20/3/2017), mengatakan bahwa pencabutan tersebut didasarkan oleh keberatan masyarakat.

"Mulai hari ini pemohon paspor dengan motif wisata tidak akan ditanyakan saldo rekening dua puluh lima juta (rupiah)," ujarnya.

Kebijakan tersebut diatur dalam surat edaran nomor IMI-02177.GR.02.06 tahun 2017 tentang pencegahan Tenaga Kerja Indonesia non-prosedural, Ditjen Imigrasi. Agung Sampurno mengatakan kebijakan tersebut awalnya dikeluarkan untuk melindungi Warga Negara Indonesia (WNI).

Kebijakan tersebut dipicu oleh banyaknya WNI yang memanfaatkan kemudahan membuat paspor, untuk bekerja di luar negeri tanpa melalui prosedur yang patut. Banyak dari mereka yang akhirnya menjadi korban kejahatan.

Selain mewajibkan uang Rp 25 juta, kebijakan baru tersebut juga mewajibkan agar pemeriksaan yang dilakukan terhadap pemohon paspor dilakukan lebih mendalam, untuk menghindari penyalahgunaan.

Menurut Agung Sampurno, walaupun kebijakan saldo minimal tersebut dihapuskan tapi kebijakan yang mengharuskan petugas memperketat proses pembuatan paspor tidak dihapuskan.

"Proses 'profiling' harus lebih dalam, 'gesture' lebih dalam, 'database' harus lebih dalam," ujarnya.

Penulis: Nurmulia Rekso Purnomo
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help