Mudik 2017

Arus Mudik Bakal Dialihkan Lewat Laut

Kemenhub bakal menambah ketersediaan kapal-kapal roro di pelabuhan. Selain itu, Kemenhub juga bakal memberikan subsidi

Arus Mudik Bakal Dialihkan Lewat Laut
TRIBUN JATENG/TRIBUN JATENG/SUHARNO
Para pekerja sedang mengerjakan penyelesaian ruas Jalan Tol Bawen-Salatiga, Kamis (30/3/2017). Jalan tol sepanjang 17,5 kilometer yang merupakan ruas ketiga Jalan Tol Semarang-Solo dan termasuk Jalan Tol Tran Jawa ini ditarget selesai sebelum arus mudik Lebaran tahun 2017. TRIBUN JATENG/SUHARNO 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kendati telah mempersiapkan operasionalisasi dan fungsionalisasi beberapa jalan tol untuk mudik Lebaran tahun ini, pemerintah tetap berencana mengurangi beban pada akses darat dan mengalihkannya ke akses laut.

Oleh sebab itu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengadakan pertemuan guna membahas rencana tersebut.

"Nah, tahun ini atas petunjuk dan arahan Pak Menhub untuk mengurangi beban di darat tadi kami alihkan melalui laut, menggunakan kapal roll on-roll off (roro) dari Jakarta ke Semarang," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Pudji Hartanto, di Gedung Bina Marga Kementerian PUPR, Rabu (5/4/2017).

Pudji menambahkan, nanti unit-unit kapal roro juga akan membawa pemudik dengan jalur dari Panjang menuju Lampung.

Untuk itu Kemenhub bakal menambah ketersediaan kapal-kapal roro di pelabuhan. Selain itu, Kemenhub juga bakal memberikan subsidi ke kapal-kapal roro tersebut.

Namun untuk besaran subsidinya Pudji mengatakan hal itu masih dalam penghitungan dan kajian.

"Nanti akan ada 7 sampai 9 kapal roro yang kami sediakan untuk itu," tambah dia.(Ridwan Aji Pitoko)

Editor: Sanusi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help