Kecelakaan Maut di Puncak

Pemerintah Dianggap Gagal Menerapkan Program Road to Zero Accident

Komisi V DPR RI menilai pemerintah gagal menerapkan program road map to zero accident yang dicanangkan sejak tahun 2008.

Pemerintah Dianggap Gagal Menerapkan Program Road to Zero Accident
Tribunnews.com/Abdul Qodir
Anggota Komisi V DPR RI Sigit Sosiantomo 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ferdinand Waskita

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi V DPR RI menilai pemerintah gagal menerapkan program road map to zero accident yang dicanangkan sejak tahun 2008.

Hal itu ditunjukan dengan tren kenaikan angka kecelakaan lalu lintas setiap tahun.

Wakil ketua Komisi V DPR RI Sigit Sosiantomo mengungkapkan kecelakaan maut beruntun yang terjadi dalam beberapa pekan terakhir yang mengakibatkan lebih dari 36 korban meninggal menunjukkan kegagalan pemerintah dalam menekan angka kecelakaan.

"Dalam dua pekan terakhir tercatat 48 kecelakaan yang menewaskan lebih dari 23 orang. Itu belum termasuk kecelakaan maut di Ciloto yang menewaskan 13 orang. Ini bukti kita belum serius menekan angka kecelakaan. Kita sudah ada program roadmap to zero accident sejak tahun 2008, tapi program ini mandek. Angka kecelakaan masih tinggi dan 26 ribuan nyawa melayang setiap tahun di jalan raya," kata Sigit dalam keterangan tertulis, Selasa (2/5/2017).

Sebagai upaya pelaksanaan program keselamatan, kata Sigit, Kementerian Perhubungan sebenarnya telah mengeluarkan Instruksi Menteri Perhubungan Nomor IM 1 Tahun 2013 tentang Rencana Aksi Peningkatan Keselamatan Transportasi.

Langkah-langkah tersebut meliputi pelaksanaan aksi peningkatan keselamatan transportasi pada aspek manajemen transportasi; pelaksanaan aksi peningkatan keselamatan transportasi pada aspek prasarana yang berkeselamatan.

Pelaksanaan aksi peningkatan keselamatan transportasi pada aspek sarana yang berkeselamatan; pelaksanaan aksi peningkatan keselamatan transportasi pada aspek SDM dan pengguna transportasi yang berkeselamatan; pelaksanaan aksi peningkatan keselamatan transportasi pada aspek penanganan pasca kecelakaan transportasi.

Baca: Bus Kitrans Tak Laik Jalan, Sang Kernet Belum Ditemukan

"Rencana aksi ini belum bisa menekan angka kecelakaan yang justru mengalami tren kenaikan," kata Sigit.

Halaman
12
Penulis: Ferdinand Waskita
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved