Survei SMRC: Jokowi Masih Unggul Atas Prabowo

Berdasarkan pertanyaan terbuka yang diajukan kepada 1.350 responden, sebanyak 34,1 persen responden mendukung Joko Widodo

Survei SMRC: Jokowi Masih Unggul Atas Prabowo
SURYA/HAYU YUDHA PRABOWO
Presiden Joko Widodo 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA  -- Tingkat keterpilihan presiden Joko Widodo masih unggul dibandingkan Prabowo Subianto‎ bila Pemilihan presiden dilakukan sekarang ini. Hal itu berdasarkan survei lembaga Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang dirilis Kamis, (8/6/2017).

Berdasarkan pertanyaan terbuka yang diajukan kepada 1.350 responden, sebanyak 34,1 persen responden mendukung Joko Widodo kembali menjadi presiden.

"Sedangkan sebanyak 17,2 persen memilih Prabowo. Selisihnya cukup banyak," ujar Direktur Eksekutif SMRC‎ Djayadi Hanan saat memaparkan hasil survei di kantor SMRC, Cikini, Jakarta.

Menurut Djayadi kondisi yang terjadi sekarang ini identik dengan kondisi pada tahun 2007. Dimana, selisih antara Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY) selaku petahana dengan calon penantangnya, Megawati Soekarnoputri cukup jauh.‎

"Dua tahun jelang pilpres 2009, perbedaan elektabilitas SBY dan Megawati yakni 16 persen,"katanya.

Djayadi memprediksi apabila tidak ada perubahan konstelasi politik yang luar biasa, maka Jokowi akan dapat mengalahkan Prabowo, apabila keduanya bertarung di Pilpres 2019.

Survei SMRC dilakukan pada 14-20 Mei 2017 dengan melibatkan 1.350 responden. Survei dilakukan dengan menggunakan Metode multistage random sampling.

Survei dilakukan terhadap masyarakat yang berumur 17 tahun atau lebih atau sudah menikah. Margin of error survei itu kurang lebih 2,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help