Mudik Lebaran 2017

Jangan Ada Lagi Tragedi 'Brexit' Jilid 2

Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Michael Wattimena berharap tragedi di Pintu Tol Brebes atau yang lazim disebut 'Brexit' tidak terulang lagi.

Jangan Ada Lagi Tragedi 'Brexit' Jilid 2
Tribun Jateng/Mamdukh Adi Priyanto
Kendaraan dari arah Jakarta mengantre di persimpangan pintu keluar tol Brebes Exit Timur atau Brexit, Jawa Tengah, Jumat (23/12/2016) sore. TRIBUN JATENG/MAMDUKH ADI PRIYANTO 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Michael Wattimena berharap tragedi di Pintu Tol Brebes atau yang lazim disebut 'Brexit' tidak terulang lagi saat pelaksanaan mudik lebaran tahun ini.

DPR kata Michael juga tidak akan bosan-bosan mengingatkan dan meminta kepada pemerintah untuk serius memperhatikan kenyamanan dan keselamatan masyarakat yang hendak mudik merayakan Idul Fitri di kampung halaman masing-masing.

"Utamanya bagaimana mengurangi kemacetan di titik-titik tertentu hingga begitu panjang 15 KM tidak terulang kembali pada tahun ini. Untuk mengatasi dan solusi adanya jalur alternatif sehingga tidak terjadi penumpukan. Karena itu penambahan tol dapat mengurangi kemacetan dan penumpukan kedaraaan," ujar Michael.

Menurut Michael tiga stakeholder yang berhubungan dengan tradisi mudik seperti Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Korlantas Kepolisian harus terus menerus bersinergi dan bersatu padu memperhatikan keselamatan dan kenyamanan para pemudik.

"Ketiga lembaga tersebut sangat berkaitan dengan arus mudik dan juga selaku mitra kerja Komisi V DPR. Tentunya DPR berharap semua pihak berpadu satu untuk memperhatikan keselamatan dan kenyamanan para saudara muslim yang akan pulang kampung untuk bertemu dengan sanak saudara," tegas Michael Wattimena.

Politisi Partai Demokrat itu juga berharap sarana dan prasarana yang ada saat ini sudah siap dipergunakan dengan baik dan tidak ada kendala apapun.

"Tentunya segala persiapan harus berjalan dengan baik, seperti adanya sarana dan prasarana tempat istirahat yang memadai, lintas perjalanan yang sudah rapi tidak berlubang, penerangan dan rambu-rambu jalan serta pengaturan lajur lalu lintas oleh pihak Korlantas berjalan dengan baik," kata Michael.

Disisi lain Ketua Koordinasi Kemaritiman DPP Partai Demokrat ini mengaprasiasi langkah pemerintah seperti yang dilakukan Kementerian Perhubungan dan Korlantas Polri yang begitu intens memantau segala persiapan jalur-jalur yang dilalui pemudik.

Selain itu pula Komisi V meminta kepada maskapai penerbangan dan pihak Bandara agar pula memperhatikan keselamatan penumpang yang menggunakan jalur udara.

"Semua pihak baik yang berhubungan Darat, Udara dan Laut agar memperhatikan keselamatan para penumpang. Kita harapkan jalur fungsional dapat memberikan solusi bagi para pemudik pada masa Lebaran tahun 2017 ini. Dan kita berharap Kementerian Perhubungan bersama Korlantas Polri juga akan membantu mengarahkan dimana titik kemacetan arus mudik tahun ini," kata Michael.

Halaman
123
Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help